Untuk mencegah penularan virus COVID-19, pemakaian masker saat ini menjadi kewajiban seluruh warga yang melakukan kegiatan sehari-hari di luar rumah. Tapi, bagaimana dengan kegiatan olahraga?

Olahraga merupakan kegiatan fisik yang sudah pasti melibatkan pernapasan. Kalau ada yang sesuatu yang menutup bagian alat pernapasan (hidung), sudah pasti kegiatan olahraga akan terasa kurang nyaman. Namun ternyata tidak hanya masalah kenyamanan, pemakaian masker juga belakangan dihubungkan dengan resiko kematian karena keracunan karbon dioksida (CO²).

Dilansir dari laman situs detikHealth, walau kebanyakan kasus kematian disebabkan juga karena adanya kondisi fisik yang kurang sehat, pemakaian masker yang tidak tepat juga bisa meningkatkan resiko kematian. Khususnya untuk mereka yang punya gangguan pada pernapasan.

Melihat resiko ini, ada baiknya jika kita berolahraga di rumah saja, karena kalau di rumah sendiri kita tidak harus memakai masker selama berolahraga. Tetapi jika saat selama fase New Normal berlangsung, Milk Lovers merasa bosan berolahraga di rumah, Milk Lovers bisa kembali berolahraga di luar rumah tapi syarat tertentu.

Berikut adalah apa saja yang perlu Milk Lovers perhatikan sebelum berolahraga di luar rumah dengan tetap memakai masker.

1. Durasi berolahraga

Berkegiatan dalam waktu yang lama dengan memakai masker yang berpori rapat tidak jarang  menyebabkan hipoksia (resiko kekurangan oksigen), termasuk kegiatan berolahraga. Karena itulah, durasi saat berolahraga di luar ruangan jangan terlalu lama.

2. Intensitas olahraga

Olahraga dengan intensitas tinggi ditambah lagi dengan pemakaian masker selama berolahraga bisa membatasi asupan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini bisa memicu denyut jantung yang lebih cepat. Untuk mencegahnya, segera turunkan intensitas olahraga menjadi ringan atau sedang.

3. Riwayat kesehatan

Kasus kematian mendadak ketika berolahraga mayoritas disebabkan oleh gangguan jantung. Karena itulah, jika Milk Lovers ada riwayat penyakit jantung, ada baiknya jika untuk sementara waktu, minimal selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, tidak berolahraga di luar rumah. Jika memang masih tetap ingin berolahraga di luar rumah, konsultasikan dulu dengan ahli kesehatan jantung untuk meminimalisir resikonya. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Milk Lovers ingin tahu lebih banyak tentang hal ini bisa langsung berkonsultasi dengan ahli medis.