Rutin berolahraga sangat dianjurkan untuk dilakukan, terlebih selama pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih berlangsung. Namun, bagaimana jika kita baru divaksin? Amankah berolahraga setelah tubuh kita menerima vaksin Covid-19?

 

Dilansir dari laman Healthline, berolahraga setelah vaksin COVID-19 adalah hal yang aman dilakukan karena sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga berbahaya setelah mendapatkan vaksin COVID-19. Namun, ada pertimbangan keamanan tergantung pada reaksi tubuh terhadap vaksin yang harus Milk Lovers perhatikan.

 

CDC (Centers of Disease Control and Prevention) mengungkapkan, gejala yang umum dirasakan penerima vaksin antara lain nyeri, kemerahan, dan bengkak pada lengan yang disuntik. Selain itu, penerima vaksin mungkin mengalami kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, menggigil, demam, dan mual.

 

Salah satu upaya untuk meminimalisir efek samping vaksin adalah beristirahat yang cukup. Untuk mereka yang mengalami efek samping nyeri otot, aktif bergerak mungkin bisa membantu untuk membuat otot terasa lebih nyaman. Di sisi lain, Menteri Kesehatan Singapura justru menyatakan olahraga tidak direkomendasikan untuk dilakukan sampai setidaknya 7 hari setelah vaksin Covid-19, dilansir dari laman Kompas,

 

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan, berolahraga setelah vaksin memang tidak dilarang karena sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga berbahaya setelah mendapatkan vaksin. Tapi, jika kita mengalami efek samping vaksin, ada baiknya jika kita tunda dulu kegiatan berolahraga, setidaknya sampai efek samping vaksin tersebut tidak lagi kita alami.

 

Semoga informasinya bermanfaat dan jika Milk Lovers ingin tahu lebih jauh tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis ya!