Memasuki bulan puasa, Milk Loves mungkin saja mengalami berbagai masalah pada mulut. Mulai dari bibir pecah-pecah sampai bau mulut. Bau mulut ini bisa muncul karena selama berpuasa kita tidak makan dan minum apapun selama berjam-jam yang akhirnya menyebabkan kondisi yang disebut halitosis (bau mulut tak sedap yang disebabkan oleh bakteri-bakteri yang tumbuh dan berkembang biak dalam mulut).

Berikut adalah beberapa cara yang ampuh untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

  • Jangan mengonsumsi makanan yang aromanya menyengat saat sahur, seperti petai, jengkol atau bawang bombai.
  • Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula terlalu tinggi ketika sahur dan buka puasa karena bakteri penyebab bau mulut akan lebih mudah berkembang biak jika dalam mulut tersisa banyak gula.
  • Cegah mulut jadi kering dengan cukup minum air saat sahur dan buka puasa. Ingat, semakin kering mulut akan semakin tinggi pula kemungkinan munculnya bau mulut.
  • Sebelum tidur, kumur-kumur dengan air garam. Air garam mampu bekerja seperti antiseptik yang membantu mengusir bakteri penyebab bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

  1. Berkumur dengan mouthwash

Banyaknya bakteri di mulut bisa menyebabkan munculnya bau mulut. Milk Lovers bisa menghilangkan bakteri ini dengan berkumur menggunakan mouthwash yang tidak mengandung alkohol dan pastikan juga  mouthwash yang digunakan bisa membunuh bakteri di mulut.

  1. Sikat gigi

Selain setelah sahur, sikat gigi di siang atau sore hari juga bisa jadi cara ampuh untuk menghilangkan bau mulut ketika puasa jika memang benar-benar diperlukan. Jika Milk Lovers merasa kurang nyaman kalau harus sikat gigi dengan pasta gigi saat puasa, cukup basahi sikat gigi dengan air, tak perlu memakai pasta gigi.

  1. Bersihkan lidah

Lidah bisa menjadi sarang bakteri sehingga muncullah bau mulut. Jika Milk Lovers merasa napas menjadi tak sedap saat menjalani puasa, coba bersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah yang saat ini sudah banyak dijual di toko. Tidak perlu pakai pasta gigi atau air untuk membersihkan lidah, namun selalu pastikan alat pembersih lidah yang digunakan selalu dalam keadaan higienis.

Selamat mencoba!