Puasa tak perlu jadi halangan agar Milk Lovers tetap bisa berolahraga demi kesehatan dan kebugaran tubuh. Hanya saja, perhatikan beberapa hal ketika Milk Lovers akan berolahraga saat berpuasa. Tentunya, jangan lakukan ketika haus dan perut kosong, karena hal tersebut bisa timbulkan rasa lelah, lemas, pusing, dan bahkan dehidrasi. Selain itu, hindari juga olahraga berat yang justri bisa meningkatkan produksi kortisol, alias hormon stres, dan mengakibatkan kerusakan otot.

Kalau begitu, kapan waktu yang pas untuk berolahraga ketika Milk Lovers sedang berpuasa? Jawabannya sebenarnya bervariasi, karena tergantung kondisi Milk Lovers sendiri. Selama tidak merasa lemas dan/atau pusing setelah berolahraga, maka tak masalah Milk Lovers mau berolahraga sambil puasa. Meski begitu, ada beberapa waktu yang lebih pas jika Milk Lovers ingin melakukan olahraga ketika puasa.

Sebelum Berbuka Puasa

Milk Lovers bisa berolahraga sebentar sebelum berbuka puasa agar bisa membakar lemak lebih banyak. Jadi, Milk Lovers yang ingin susut berat badannya ketika puasa, berolahraga waktu perut kosong sebelum jam buka puasa bisa jadi pilihan yang pas. Apalagi, Milk Lovers bisa langsung makan dan minum setelah berolahraga dan masuk jam buka. Dengan begitu, risiko dehidrasi atau gula darah rendah pun bisa dihindari.

Akan tetapi, jangan memaksakan diri melakukan olahraga berlebihan karena Milk Lovers ingin bakar lemak lebih banyak, ya! Ingat kalau Milk Lovers masih berpuasa, yang artinya sisa energi yang dimiliki sedikit. Idealnya, jangan berolahraga lebih dari 60 menit. Pokoknya, jangan sampai Milk Lovers malah merasa pusing, lemas, dan bahkan jatuh sakit setelah berolahraga.

Setelah Berbuka Puasa

Tentunya, olahraga setelah buka puasa bukan berarti Milk Lovers bisa melakukannya langsung begitu selesai makan dan minum, ya! Tunggu sekitar dua sampai tiga jam terlebih dahulu, atau sesudah melaksanakan ibadah shalat tarawih. Dengan begitu, makanan sudah dicerna oleh tubuh, dan Milk Lovers pun bisa kembali mendapatkan energi yang dibutuhkan, termasuk untuk berolahraga! Karena itulah Milk Lovers bisa pilih kegiatan olahraga yang intensitasnya lebih tinggi pada jam-jam ini, termasuk latihan untuk meningkatkan massa dan kekuatan otot.

Setelah Jam Sahur

Sehabis menyantap makanan sahur, Milk Lovers jangan langsung tidur lagi, ya! Soalnya, Milk Lovers juga bisa berolahraga habis sahur, kok. Serupa seperti setelah jam berbuka, Milk Lovers sudah mendapatkan energi kembali. Hanya saja, ingat kalau energi yang diperoleh juga perlu dihemat agar Milk Lovers tetap segar dan bugar sepanjang hari, ya! Artinya, pilih olahraga dengan intensitas ringan saja kalau mau melakukannya setelah jam sahur. Dengan begitu, tubuh Milk Lovers tidak akan lemas selama beraktivitas sepanjang hari sampai akhirnya tiba jam berbuka puasa.