Agar balita bisa lelap tertidur, biasanya orang tua memberikan susu menggunakan botol. Tidak jarang pula saat terbangun di malam hari, si kecil merengek minta dibuatkan susu. Milk Lovers yang memiliki adik, keponakan, atau anak mungkin pernah mengalami hal ini. Karena tidak ingin si kecil merengek lama, memberikan susu menjadi pilihan utama.

Alasan lain bisa karena takut si kecil akan kelaparan di waktu malam. Apalagi bila di siang hari si kecil didapati susah makan. Itulah mengapa minum susu di malam hari seolah menjadi jalan pintas. Namun, perlu Milk Lovers ketahui kebiasaan memberi susu kepada anak tanpa sikat gigi sebelum tidur bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Terutama masalah yang berkaitan dengan kesehatan gigi. Bagaimana penjelasannya?

Kebiasaan memberi susu dengan botol sebelum tidur menyebabkan adanya aliran susu yang melalui mulut. Pada saat itu gigi terus terendam susu. Perlu Milk Lovers ketahui di dalam susu terdapat kandungan gula susu atau laktosa. Laktosa itulah yang dapat merusak gigi bila tidak disertai dengan kebiasaan menyikat gigi setelah minum susu sebelum tidur. Pasalnya sisa gula susu akan menempel pada gigi dan menyebabkan kerusakan. Karena alasan itulah menyikat gigi setelah minum susu itu wajib.

Berikut tips-tips sehat agar kesehatan gigi si kecil terjaga:

Hindari Kebiasaan Menidurkan Si Kecil dengan Memberikan Susu

Tips sehat yang pertama yaitu dengan menghindari kebiasaan menidurkan si kecil dengan cara memberi susu menggunakan botol. Milk Lovers bisa memberi air mineral. Namun, bila si kecil meminta susu pastikan menyikat gigi si kecil sebelum tidur. Karena bila gigi si kecil nyeri dan berlubang atau malah infeksi, tentu Milk Lovers tidak tega melihat si kecil kesakitan.

Latih Si Kecil Memilih Air Mineral Saat Haus di Waktu Malam

Menjauhkan si kecil dari susu itu hal tidak mungkin karena susu menjadi asupan penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. Bagi orang dewasa minum susu juga kebiasaan yang sehat. Oleh karena itu, Milk Lovers cukup melatih si kecil memilih air mineral saat haus di waktu malam. Setelah sikat gigi usahakan si kecil tidak minum susu atau sesuatu yang manis lainnya. Bila terpaksa minum susu lagi, maka sikat gigi pun harus diulangi.

Ajarkan Si Kecil Minum Susu Menggunakan Gelas

Minum susu menggunakan botol membuat gigi terendam susu lebih lama. Karena si kecil biasanya akan minum dalam posisi tidur. Lain halnya bila Milk Lovers membiasakan si kecil minum susu menggunakan gelas. Cara ini tentu juga bisa menghindari si kecil langsung terlelap tidur seusai minum susu sehingga masih ada jeda waktu bagi Milk Lovers untuk mengajak si kecil menyikat gigi.