Momen lebaran merupakan saat terbaik untuk berkumpul dengan keluarga, mengunjungi kawan lama, dan menelusuri jejak kenangan masa kecil di kampung halaman. Meskipun begitu, sebaiknya jangan berlebihan dalam merayakan Lebaran karena tubuh masih perlu adaptasi setelah kemarin berpuasa.

Agar tidak jatuh sakit, dan melewatkan momen indah di kampung halaman, berikut merupakan beberapa tips menjaga tubuh tetap sehat selama merayakan lebaran.

Hati-hati dengan Jenis Makanan

Salah satu masalah kesehatan yang cukup sering menyerang saat lebaran tiba adalah masalah pencernaan. Hal ini disebabkan karena mayoritas jenis makanan yang disajikan saat lebaran, mengandung banyak santan dan gula, misalnya opor, kue kering, dan berbagai makanan lainnya.

Maka dari itu, untuk menghindari masalah tersebut, Milk Lovers harus mampu menjaga dan mengendalikan pola makan. Jangan berlebihan, secukupnya saja!

Istirahat yang  Cukup

Aktivitas kamu akan terasa sangat padat saat lebaran tiba, dimulai malam takbiran untuk mengikuti acara takbir keliling, siangnya tidak sempat tidur dan langsung bersilaturahmi bertemu dengan sanak saudara, dilanjutkan dengan mengunjungi rumah tetangga.

Aktivitas yang cukup menyita waktu dan tenaga ini tidak cukup dilakukan satu hari saja, bahkan bisa berhari-hari. Makanya, istirahat yang cukup jadi hal yang wajib dilakukan.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Dehidrasi bisa jadi masalah besar bagi kesehatan Milk Lovers. Sayang, selama merayakan idul fitri, air putih termasuk paling jarang disentuh. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa minuman yang dianggap lebih menyegarkan, seperti sirup, minuman bersoda dan lainnya.

Padahal, tubuh jauh lebih butuh air putih untuk memaksimalkan kinerja organ tubuh, menjaga suhu tubuh, dan menjaga agar tubuh tetap sehat selama merayakan Lebaran.

Jauhi Rokok dan Konsumsi Makanan Sehat

Rokok mengandung sejumlah racun yang dapat merontokkan sistem kekebalan tubuhmu. Maka dari itu, dari pada terserang penyakit, seperti batuk, radang tenggorokan, ISPA, dan penyakit lainnya, sebaiknya jauhi rokok. Kalau bisa, berhentilah!

Jangan lupa, tetap konsumsi makanan sehat, terutama sayuran dan buah-buahan. Jauhi makanan pedas, junk food, gorengan dan makanan tidak sehat lainnya.