Makanan yang disajikan saat lebaran identik dengan kandungan santan yang kental, contoh yang paling populer adalah opor. Makanan ini begitu lezat dengan tambahan lontong dan taburan emping melinjo sebagai penyempurnanya.

Tapi hati-hati bagi kamu yang penderita asam urat ,Milk Lovers ! Pasalnya, dilansir dalam halodoc.com, opor dan makanan bersantan lainnya sangat berbahaya karena bisa membuat asam urat Anda kambuh, dan bahkan bisa membuat asam urat terasa lebih menyakitkan.

Hal ini disebabkan karena dalam santan terkandung zat purin dan kolesterol yang cukup tinggi. Kedua zat ini bisa menyebabkan peradangan sendi, kekakuan pada sendi, dan membuat kekambuhan asam urat terasa lebih menyakitkan.

Menurut dr. Andika Widyatama dari Klikdokter, asam urat sendiri merupakan hasil akhir dari metabolisme zat yang bernama purin. Dalam kondisi normal, asam urat berkisar antara 3,4-7,0 mg/dL pada pria dan 2,4-6,0 mg/dL pada wanita.

Selain diproduksi tubuh secara alami, zat purin ini bisa terdapat berasal dari makanan yang biasa dikonsumsi, salah satunya berasal dari santan. Selain itu, zat purin ini pun bisa didapat dari makanan lain seperti jeroan, daging kambing, daging sapi, ikan tuna, ikan sarden, udang dan lainnya.

Jika kadar purin dalam tubuh tinggi, dan ditambah dengan asupan purin dari luar, kondisi inilah yang menyebabkan peradangan sendiri, sehingga menciptakan kondisi yang disebut asam urat.

Terus Bagaimana Solusinya?

Tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah, membatasi makanan-makanan yang dapat menyebabkan asam urat kambuh, termasuk menghindari makanan yang mengandung santan, seperti opor, rendang, atau makanan lainnya.

Jika Milk Lovers merasa Lebaran kurang sempurna tanpa “pesta” opor dan makanan bersantan lainnya, solusi paling cerdik adalah, mengganti santan dengan susu UHT Ultra Milk Full Cream. Karna sama seperti santan, Ultra Milk Full Cream pun mampu membuat makanan jadi terasa lebih gurih.

Tapi nilai plusnya, Ultra Milk Full Cream jauh lebih sehat dan memberi manfaat yang jauh lebih maksimal. Selain itu, mengganti santan dengan Ultra Milk Full Cream pun akan membuat penderita asam urat aman mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat!