Begadang dinilai punya pengaruh yang sangat buruk bagi kesehatan. Walaupun begitu, di sisi lain ternyata begadang pun punya sejumlah manfaat jika dilakukan dengan cara yang tepat dan digunakan untuk hal-hal yang produktif, seperti menyelesaikan pekerjaan dan lainnya.

Dilansir dalam Bustle, Dr. Sharad Paul menyebut jika salah satu manfaat begadang adalah mampu membuat Anda lebih kreatif dan produktif.

Tentu saja manfaat ini didapat jika Anda tidur terlebih dahulu, kemudian bangun di sepertiga malam atau sekitar jam 2 dini hari, atau tidur larut malam dan bangun sedikit lebih siang dari biasanya, misalnya jam 7 atau jam 8 pagi.

Selain lebih kreatif dan produktif, berikut merupakan beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda petik saat begadang dengan cara yang tepat.

Lebih cerdas

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences, menyebut jika anak-anak akan cenderung lebih cerdas saat mereka memiliki jam tidur yang lebih malam dan bangun sedikit lebih siang, baik saat hari sekolah ataupun saat di akhir pekan.

Meningkatkan kekuatan

Walaupun para peneliti dari University of Alberta, setuju jika kekuatan orang-orang ada di pagi hari, tapi faktanya beberapa orang justru mampu menunjukkan puncak kekuatan mereka di malam hari. Hal ini kemungkinan disebabkan karena adanya peningkatan motor cortex dan kekuatan tulang belakang.

Mampu memberikan solusi kreatif

Salah satu alasan kenapa banyak orang menikmati bekerja di malam hari adalah, karena malam yang sunyi mampu memancing kreativitas mereka untuk tumbuh tanpa batas.

Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences, menyebut jika para pekerja malam lebih mungkin menghadirkan ide-ide kreatif dan efektif ketimbang mereka yang bekerja siang hari.

Walaupun memiliki manfaat yang cukup besar, hal ini tidak lantas membuat Milk Lovers boleh begadang setiap malam. Tetap Milk Lovers, memenuhi kebutuhan tidur yang berkualitas merupakan hal yang paling utama. Sementara begadang, hanya dilakukan di waktu-waktu tertentu saja.