Bila diminta jujur, hampir semua pelajar itu enggan untuk melakukan upacara bendera. Bukan karena nggak cinta negeri, tapi karena efek upacara yang sangat mengganggu. Walau hanya 30 menit, upacara bisa membuat tubuh jadi lemas, pusing hingga pingsan.

Anehnya kita bisa kuat untuk jalan bareng teman berjam-jam, tapi berdiri upacara 10 menit saja sudah membuat lemas. Kok bisa begitu? Sejumlah orang mengkaitkan hal ini dengan kondisi kesehatan. Misalnya seperti tekanan darah, kadar gula dan sebagainya. Namun, secara umum masalah lemas saat upacara ialah terkait kecukupan gizi.

Coba tanyakan pada dirimu sendiri, saat akan upacara sudahkah sarapan? Jika sudah, apakah menu sarapanmu sudah memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh? Sarapan dan gizi sarapan adalah dua hal utama yang sering terabaikan, padahal sangat penting.

Sarapan dengan menu 4 sehat 5 sempurna akan menjaga stamina dan meningkatkan konsentrasi. Jika terlewatkan dan terlalu sering ditinggalkan tentu membuat fisik Milk Lovers jadi lemas, susah belajar dan bisa menurunkan prestasi di sekolah. Nah, supaya nggak lemas lagi milk lovers perlu memperhatikan gizi sarapan. Di antaranya seperti:

Makanan Pokok Kaya Karbohidrat (Sehat)

Jika Milk Lovers bosan sarapan nasi, bisa diganti dengan gandum, jagung dan makanan kaya karbohidrat lainnya. Makanan pokok sangat diperlukan untuk sumber energi. Makanlah secukupnya, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Lauk Pauk Kaya Protein (Sehat)

Di Indonesia sumber protein yang disukai biasanya dari ayam, daging, telur, ikan, tahu dan tempe. Protein yang cukup berfungsi membentuk sistem imun serta menyeimbangkan kerja hormon. Milk Lovers bisa menikmati protein hewani atau nabati untuk varian menu sarapan.

Sayur-Mayur Kaya Serat dan Mineral (Sehat)

Jangan hindari menu makanan satu ini. Biasakanlah untuk mengkonsumsi sayuran agar kebutuhan serat dan mineral lain tercukupi. Milk Lovers bisa mengonsumsinya sedikit-demi sedikit dan mencoba dari sayuran yang disuka. Misalnya bayam, kanngkung, sawi, wortel dan sebagainya. Konsumsi sayuran bisa mencegah penyakit, menjaga metabolisme tubuh dan membuatmu tetap fit.

Buah-Buahan Kaya Vitamin (Sehat)

Menu sarapan sehat selanjutnya ialah buah-buahan. Milk Lovers bisa memilih apel, anggur, jeruk, alpukat dan buah lain sesuai selera. Sama seperti sayuran, kandungan gizi dalam buah bisa mencukupi kebutuhan mineral dan serat tubuh. Macam-macam vitamin yang ada di buah bisa jadi antioksidan alami. Konsumsi buah juga akan mencegah sejumlah masalah kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Susu (Sempurna)

Sarapan terakhir untuk memenuhi 4 sehat 5 sempurna ialah mengonsumsi susu. Susu kaya akan kalsium dan protein yang dibutuhkan tubuh. Bila Milk Lovers kurang suka susu dari hewani, bisa meminum susu nabati seperti dari kedelai. Untuk Milk Lovers yang takut gemuk bisa memilih susu rendah lemak.

Jika sarapan milk lovers sudah memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna, maka tubuh akan lebih fit. Tak ada lagi masalah lemas, pusing, lelah hingga pingsan saat upacara bendera. Jadi, yuk sarapan sehat dan bergizi dulu sebelum menuntut ilmu.