Milk Lovers, semua orang tua pasti ingin memiliki anak yang sehat dengan kebutuhan gizinya yang tercukupi. Walaupun begitu, banyak orang tua yang tidak mengetahui bagaimana cara mencukupi kebutuhan gizi yang cukup, sehingga si kecil pun akan dipaksa untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Padahal, dalam pemberian makan kepada si kecil, anda hanya cukup perhatikan 3 J berikut ini, yang meliputi jenis makanan, jumlah dan jadwal makan si kecil.

Jenis

Jenis makanan setiap hari terbagi dalam beberapa kelompok, di antaranya adalah, makan makanan pokok yang merupakan sumber tenaga, lauk pauk yang berasal dari hasil olahan hewani dan nabati sebagai zat pembangun dan meningkatkan kekebalan tubuh, buah-buahan sebagai zat pelindung, mencukupi kebutuhan vitamin, mineral dan serat, serta susu sebagai sumber protein dan kalsium

Jumlah

Untuk jumlah makanan yang arus dikonsumsi, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan harian si kecil. Perlu di perhatikan, jumlah kebutuhan Energi anak berbeda-beda. Anak yang berusia 1-3 tahun, biasanya mereka hanya membutuhkan energi sebanyak 1.000 kkal, dan anak yang berusia 4-6 tahun, membutuhkan energi sebanyak 1.550 kkal. Penuhi kebutuhan tersebut agar pertumbuhannya maksimal.

Jadwal makan

Usahakan untuk membuat jadwal makan si kecil sesuai dengan kebutuhannya. Jadwal tersebut meliputi, 3 kali makan utam, serta 2-3 kali makan snack atau camilan. Berikut contoh jadwal makan dan menu untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

  • Jam 07.00 : Sarapan Pagi : Nasi goreng dan omelet telur
  • Jam 10.00 : Camilan/jeda makan : segelas susu UHT
  • Jam 12.00 : Makan siang : Nasi dengan sup sayuran atau ayam kecap
  • Jam 15.00 : Camilan/jeda makan : Buah potong dan puding
  • Jam 18.00 : Makan malam : Nasi soto daging
  • Jam 20.00 : Camilan/jeda makan : segelas susu UHT hangat

Sebagai catatan, Milk Lovers usahakan untuk membatasi si kecil konsumsi batasi makanan berlemak, mengandung banyak gula, dan kandungan garam yang tinggi. Selain itu, hindari makanan yang di masak terlalu lama, terutama untuk masakan jenis sayuran. Selamat mencoba!