Milk LoversĀ  suka susu kedelai? Dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai dikatakan lebih aman, karena mengandung kalori dan lemak yang lebih rendah. Tapi, ada yang juga mengatakan susu ini baik untuk mengobati penyakit pernafasan. Asma, sesak nafas dan sejenisnya termasuk penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Tapi, apakah hal itu benar adanya?

Sebenarnya, penyakit pernafasan seperti yang disebutkan diatas, bisa muncul karena berbagai faktor. Salah satunya adalah radikal bebas. Kalau Milk Lovers tinggal di kota besar, radikal bebas ini ada di mana-mana. Radikal bebas datang dari polusi yang biasanya lumayan parah di kota-kota besar. Jadi, peluang Milk Lovers terkena penyakit pernafasan besar disini. Nah, susu kedelai, menurut penelitian yang dilakukan Washington University School of Medicine, di St. Louis, ada kemungkinan susu kedelai bisa mengobati penyakit ini.

Salah satu alasan yang mereka ungkapkan, kenapa susu kedelai efektif untuk penyakit ini adalah adanya kandungan isoflavon yang cukup tinggi didalamnya. Isoflavon ini adalah zat anti-oksidan yang bisa dikatakan salah satu yang paling kuat. Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari radiasi radikal bebas ini. Jadi, kalau Milk Lovers mengkonsumsi susu kedelai secara rutin, maka ketahanan tubuh Milk Lovers terhadap radikal bebas juga akan meningkat. Artinya, penyakit pernafasan yang timbul karena radikal bebas bisa dicegah dan diobati. Para peneliti ini bahkan mengatakan kalau isoflavon yang ada dalam kacang kedelai ini bisa meredakan gejala-gejala asma. Jadi, kalau harus menjawab pertanyaan seperti di judul artikel ini, maka jawabannya adalah benar. Susu kedelai bisa digunakan untuk mengobati penyakit pernafasan.

Tapi, ada tapinya ini Milk Lovers. Tidak semua orang bisa memakai susu kedelai untuk mengobati asma dan penyakit pernafasan lainnya. Alasannya, beberapa orang ada yang mempunyai alergi terhadap kacang kedelai. Kalau Milk Lovers punya alergi ini, tentu saja minum susu kedelai dilarang karena akan memperparah gejala asma dan penyakit pernafasan Milk Lovers. Kebanyakan kasus, gejala ini muncul saat Milk Lovers juga minum susu biasa. Ada yang bilang kalau minum susu, termasuk susu kedelai akan memperbanyak produksi lendir dalam tenggorokan yang bisa membuat sesak nafas bertambah parah.

Jadi, mungkin kalau Milk Lovers ingin menggunakan susu kedelai untuk meredakan penyakit pernafasan, sebaiknya konsultasi ke dokter dulu. Jangan sampai, ada alergi dan Milk Lovers tetap memakai, yang akan menambah penyakit Milk Lovers.