Bagi Milk Lovers, minum susu menjadi seperti hal wajib yang harus dilakukan setiap hari, bukan? Memang, minum susu adalah hal yang baik, karena ada berbagai manfaat yang didapat dari susu. Susu mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk tetap fit dan sehat. Namun, tidak di semua kesempatan, Milk Lovers dapat terus minum susu. Salah satunya adalah saat Milk Lovers harus mengkonsumsi obat antibiotik. Ada beberapa alasan mengapa hal ini dilarang.

Saat Milk Lovers minum susu, maka kadar keasaman dalam lambung dan sistem pencernaan akan menurun. Hal ini yang akan menyebabkan penyerapan zat antibiotik pada obat tidak bekerja secara efektif. Artinya, kemampuan menyembuhkan dari obat yang Milk Lovers konsumsi tidak akan dapat bekerja secara optimal. Penyakit yang Milk Lovers derita tidak akan bisa tersembuhkan dengan kondisi seperti ini.

Ada beberapa jenis obat antibiotik yang memang dilarang dikonsumsi bersamaan dengan susu. Misalnya, obat antibiotik jenis ciprofloxacin, doksisiklin dan tetrasiklin. Bila dikonsumsi bersamaan dengan susu, efeknya akan berbahaya. Misalnya untuk obat antibiotik ciprofloxacin yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan infeksi saluran pernafasan. Bila obat ini tidak bisa bekerja secara penuh, maka efek buruk infeksi ini akan terus meningkat. Saat dikonsumsi dengan susu, obat ini juga kehilangan efek penyembuhannya hingga 50%. Lalu pada antibiotik jenis tetrasiklin dan doksisiklin, kalsium pada susu akan menyebabkan reaksi kimia yang menghilangkan efek dari dua jenis obat tersebut.

Hal lain yang juga perlu Milk Lovers ketahui adalah bukan hanya larangan mengkonsumsi obat antibiotik bersamaan dengan susu. Sebelum dan sesudah mengkonsumsi obat antibiotik, Milk Lovers juga dilarang untuk minum susu. Alasannya sama dengan yang disebutkan diatas, yaitu berhubungan dengan kadar keasaman dalam lambung dan sistem pencernaan. Sebaiknya, Milk Lovers tidak mengkonsumsi susu 3 jam sebelum dan sesudah minum obat antibiotik.

Tapi yang perlu Milk Lovers ingat disini, obat yang dilarang dikonsumsi dengan susu adalah obat jenis antibiotik yang disebutkan diatas. Ada beberapa jenis obat lainnya yang Milk Lovers harus konsumsi dengan susu atau makanan, seperti obat jenis anti inflamasi non steroid (NSAIDs). Obat-obatan jenis ini dapat mengiritasi saluran pencernaan Milk Lovers. Jadi, dengan mengonsumsinya dengan susu atau makanan akan mengurangi efek iritasi tersebut. Untuk mengetahui apakah obat yang Milk Lovers harus konsumsi tidak boleh atau boleh dikonsumsi dengan susu, sebaiknya bertanya langsung pada dokter.