Bersepeda merupakan aktivitas yang belakangan ini cukup populer sebagai tren gaya hidup sehat kaum urban. Selain mengurangi polusi, bersepeda pun bisa jadi solusi untuk menjaga kesehatan. Buat yang terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga tidak sempat berolahraga, Anda bisa bersepeda saat pergi ke kantor.

Tapi benarkah bersepeda bisa menyebabkan disfungsi ereksi?

Klaim tentang bersepeda yang bisa menyebabkan disfungsi ereksi (ketidakmampuan untuk memulai ereksi atau mempertahankan ereksi), muncul karena anggapan sadel sepeda bisa membuat bagian intim tertekan hingga berisiko menghambat aliran darah menuju penis. Dalam jangka panjang, hal ini bisa merusak sperma dan membuatnya sulit ereksi.

Beruntung, sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, berhasil mematahkan teori tersebut dan mengklaim tidak ada kaitan antara bersepeda dengan disfungsi ereksi. Bahkan hal ini pun berlaku bagi mereka yang gemar bersepeda selama lebih dari 8 jam per minggu.

Dalam penelitian ini, Tim peneliti dari University College London, menganalisa setidaknya 5.300 pria yang rutin bersepeda setiap hari, kemudian bertanya tentang kondisi yang berkaitan dengan masalah seksual, dari mulai masalah keturunan, hingga disfungsi ereksi.

Dan hasilnya, Milo Hollingworth, pimpinan penelitian dari University College London, mengklaim jika penelitian ini berhasil membuktikan tidak ada kaitan antara bersepeda dengan disfungsi ereksi atau masalah lainnya terkait organ reproduksi.

Walaupun begitu, penelitian ini justru menemukan kaitan kecil antara bersepeda dengan peningkatan risiko kanker prostat. Tapi jangan khawatir, risiko ini hanya berlaku bagi para pesepeda yang sudah berusia lebih dari 50 tahun, dan rutin bersepeda lebih dari 8 jam per minggu.

Lebih lanjut lagi, Milo tetap yakin jika manfaat bersepeda masih jauh lebih banyak ketimbang risiko yang ditimbulkannya. Bahkan tim peneliti tetap menyarankan agar rutin bersepeda, tidak hanya sekedar megikuti tren, tapi juga demi kesehatan jangka panjang.

Bersepeda sendiri dikenal sebagai aktivitas dengan segudang manfaat, dari mulai membakar lebih banyak kalori ketimbang berlari, ampuh menguatkan seluruh otot tubuh, mengurangi tekanan di area lutut dan paha, hingga ampuh menghilangkan stres,.

Bagaimana Milk Lovers, masih tetap bersepeda kan?