Tidak hanya menyerang orang dewasa, kini diabetes jadi ancaman orang-orang yang berusia muda. Menurut penelitian, mereka yang berusia produktif rentan mengalami diabetes jika mengalami obesitas, jarang berolahraga dan keluarga punya riwayat terkait penyakit ini.

Menurut Dr Dante Saksono H. SpPD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI, menjalankan gaya hidup sehat merupakan kunci utama terbebas dari diabetes. Syaratnya tidak banyak kok Milk Lovers, cukup lakukan 2 anjuran berikut ini.

Smart Eater

Apapun yang dikonsumsi, harus dipertimbangkan dengan matang. Sebagai koki di rumah, Milk Lovers dituntut tidak hanya menyajikan makanan enak saja, tapi juga harus bernilai gizi. Misalnya, memadukan antara protein dengan makanan serat tinggi, mengandung vitamin, dan karbohidrat kompleks.

Makanan berserat tinggi, kaya protein, asam lemak omega-3 dan vitamin, akan membantu tubuh menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup, yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula darah, dan mencegah risiko diabetes.

Selain itu, hindari pola makan karbo plus karbo, seperti kentang yang diolah dan dikonsumsi dengan nasi putih, mie instant dengan tambahan nasi, dan lainnya. Selain menyebabkan ketidakseimbangan gizi, dan berisiko menyebabkan obesitas, prinsip makan asal kenyang seperti ini berisiko menyebabkan diabetes.

Melakukan Aktivitas Fisik

Jangan malas, dorong keluarga untuk aktif bergerak. Anda bisa mengajak keluarga untuk berjalan-jalan di sore hari, atau minimalnya tiap akhir pekan, bersepeda bersama, hiking, atau kegiatan lainnya yang melibatkan aktivitas fisik.

Dengan rutin melakukan aktivitas fisik, kalori yang masuk ke dalam tubuh akan dibakar sempurna, sehingga risiko diabetes bisa ditekan.

Selain itu, penelitian di Inggris membuktikan jika aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, dan lainnya, efektif menghilangkan stres. Jika dilakukan bersama keluarga, aktivitas fisik merupakan quality time terbaik yang bisa Anda lakukan.

Tidak lama kok, dalam sehari Anda dan keluarga dituntut untuk berolahraga selama 20-30 menit. Waktunya pun bisa dibagi-bagi, dimulai dari pagi hari, siang, atau sore hari. Sesuaikan saja dengan waktu luang yang Anda miliki. Selamat mencoba Milk Lovers!