Ketan termasuk sumber karbohidrat seperti nasi dan gandum yang sebenarnya cukup mudah dijumpai, apalagi kalau Milk Lovers gemar membeli jajanan pasar. Selain sering diolah menjadi lemper atau semar mendem, ketan juga disajikan bersama parutan/unti kelapa, saus kinca, hingga serundeng.

Tekstur ketan yang lengket berasal dari mutasi genetik tunggal. Walau demikian, makanan yang dapat dijadikan sumber energi ini juga menyimpan berbagai manfaat seperti:

Mengurangi risiko penyakit jantung.

Kadar serat yang terdapat pada beras ketan yang Milk Lovers masak adalah kurang lebih 1,7 gram. Seperti halnya bayam atau gandum, ketan sangat bersahabat untuk Milk Lovers yang sedang menjalankan program diet hingga melindungi jantung dari berbagai gangguan kesehatan;

Menangkal serangan radikal bebas.

Ketan juga mempunyai kandungan mineral bernama selenium. Salah satu senyawa yang dibutuhkan tubuh tersebut berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas. Tak hanya itu, selenium pun dapat mengelola aktivitas tiroid dan memperlancar fungsi darah;

Menjaga sistem metabolisme.

Selanjutnya, beras ketan juga mengandung mangan yang bermanfaat untuk menjaga sistem metabolisme dalam tubuh. Jika Milk Lovers mempunyai sistem metabolisme yang baik, maka tubuh akan mampu memproses protein, karbohidrat, dan kolesterol secara maksimal;

Mengontrol nafsu makan dan suasana hati.

Mudah lapar atau malah ingin meningkatkan nafsu makan? Milk Lovers dapat mengendalikannya dengan menyantap ketan. Vitamin B6 yang ada di dalam makanan ini sanggup memproduksi neurotransmitter serotonin yang memiliki fungsi untuk mengatur nafsu makan hingga suasana hati Milk Lovers.

Berkreasi dengan membuat susu ketan

Bukan cuma menyehatkan, ketan juga termasuk jenis makanan yang dapat dikreasikan. Baru-baru ini, ketan yang selama ini dijadikan santapan utama maupun kudapan berinovasi jadi minuman. Dinamakan susu ketan, Milk Lovers dapat membuatnya di rumah dengan panduan berikut ini:

Bahan-bahan membuat susu ketan

- 250 gram beras ketan putih

- 150 ml santan

- 1/2 sdt garam

- 1 lembar daun pandan

- 2 lembar daun salam

Bahan Vla:

- 300 ml susu cair Ultra Milk Full Cream

- 2 sdm kental manis Cap Sapi Putih

- 2 sdt maizena, dilarutkan 50 ml air

Cara membuat:

1. Cuci beras ketan hingga bersih. Rendam dalam air banyak selama 1 jam.

2. Kukus ketan hingga setengah matang, kurang lebih selama 15 menit.

3. Dalam panci, rebus santan, garam,daun salam, dan daun pandan hingga mendidih. Matikan api.

4. Masukkan ketan yg telah dikukus tadi ke dalam rebusan santan. Aduk-aduk hingga santan terserap habis.

5. Didihkan dandang/panci kukusan dengan api sedang. Kukus lagi ketan hingga matang selama 30 menit.

6. Untuk membuat vla, campur susu cair Ultra Milk Full Cream dan kental manis Cap Sapi. Aduk rata lalu didihkan. Tuang larutan maizena, aduk rata, dan masak hingga mengental. Angkat dan sisihkan.

7. Terakhir, tata ketan di piring, tuang vla, dan beri taburan topping sesuai selera (bisa keju   parut/meises/biskuit).