Japanese Milk Bread, roti sobek ala negeri sakura, Jepang, ini memiliki tekstur sangat lembut. Di Jepang, roti ini dikenal juga dengan nama Roti Hokkaido. Nah, roti ini belakangan sedang viral di benua Asia, termasuk di negara kita. Milk Lovers ingin coba membuatnya sendiri di rumah? Yuk simak resepnya berikut ini!

Bahan: 

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi  
  • 40 gram gula 
  • 3 gram garam 
  • 3 gram ragi instan
  • 185 gram Ultra Milk Full Cream
  • 20 gram unsalted butter (mentega tawar).

 

Cara membuat

  1. Siapkan wadah, lalu campurkan semua bahan kering berupa tepung, gula, dan garam, kemudian aduk rata.  
  2. Campurkan Ultra Milk Full Cream lalu campurkan dengan ragi kemudian aduk rata. 
  3. Masukkan campuran susu dan ragi ke mangkuk adonan kering, aduk rata lalu uleni adonan sekitar 10 menit. 
  4. Tambahkan mentega, kemudian uleni lagi sekitar 5 menit sampai adonan kalis (adonan sudah diuleni dengan baik, dengan ciri  adonan menjadi elastis seperti karet saat di tarik, bisa dibentuk menjadi lembaran tipis dan tidak lengket di tangan). 
  5. Setelah adonan kalis, buat jadi bentuk bulatan besar. Taruh kembali ke mangkuk kemudian tutupi dengan serbet atau plastic wrap. Biarkan adonan pada suhu ruang sekitar 1 jam sampai mengembang. 
  6. Setelah adonan mengembang dengan baik. Kempeskan untuk mengeluarkan udaranya. Kemudian keluarkan adonan lalu dibagi menjadi 16 bagian. Bentuk jadi bulat kecil-kecil, taruh di loyang dan tutupi lagi dengan plastic wrap. Diamkan selama 15 menit. 
  7. Setelah 15 menit, taburi atas roti dengan tepung terigu untuk roti menggunakan saringan. Hal ini berguna membuat tampilan roti jadi pucat dan warnanya terlihat seperti warna susu. 
  8. Panaskan oven 180 derajat Celcius sekitar 10 menit, turunkan jadi 150 derajat Celcius. Panggang roti selama 17 menit. 
  9. Jika sudah keluarkan roti dari loyang, angin-anginkan roti. 
  10. Japanese Milk Bread siap dinikmati.

 

Tidak terlalu sulit bukan, Milk Lovers? Selamat mencoba resepnya ya!