Milk Lovers, selama ini banyak orang yang beranggapan jika kebiasaan begadang bisa menyebabkan seseorang mengalami badan kurus karena sering terkena angin malam. Nah, daripada capek-capek diet, sekarang mendingan kita begadang saja agar berat badan kita turun. Masalah wajah pucat karena begadang, itu kan bisa ditanggulangi dengan makeup?

Tapi sayangnya, pendapat tersebut kurang tepat. Justru sebuah hasil penelitian dari University of Pittsburgh yang dipimpin oleh John M. Jakicic, menyatakan jika anak remaja yang mengalami pola tidur buruk, akan cenderung memiliki tubuh yang gemuk ketimbang mereka yang memiliki pola tidur yang baik.

Dalam keterangannya, seperti dilansir dalam CNN, John menyatakan jika pola tidur sangat berkaitan erat dengan sistem metabolisme tubuh, berat badan dan pertumbuhan hormon lapar. Lebih lanjut lagi, semakin sering anak remaja begadang, maka pertumbuhan hormon laparnya akan semakin tinggi, hal ini tentu saja akan mengundang pola makan berlebih, hingga akhirnya peningkatan berat badan secara besar-besaran.

Penelitian yang dilakukan oleh John dan Timnya ini, secara tidak langsung telah mendukung kebenaran hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan pada tahun 2013 silam, di mana dalam penelitian tersebut disimpulkan jika, semakin sering seseorang begadang, maka semakin tinggi pula rasa lapar yang akan mereka rasakan. Alhasil, undangan untuk makan berlebih tidak akan terelakkan lagi.

Hormon Pertumbuhan Terganggu

Tidak hanya mengundang rasa lapar dan makan berlebih, penelitian lainnya menyebutkan jika kurang tidur di malam hari bisa menyebabkan hormon pertumbuhan seseorang terganggu. Hal tersebut karena, ketika seseorang tidur malam, maka tubuh mereka akan bekerja keras untuk memperbaiki otot, meremajakan jaringan tubuh dan memaksimalkan pertumbuhan.

Semakin sedikit jumlah tidur yang dimiliki seseorang, maka akan semakin sedikit pala juga otot yang akan diperbaiki, hal ini secara tidak langsung akan mengganggu sistem metabolisme orang tersebut, yang akan berimbas kepada efektivitas tubuh dalam membakar kalori yang berkurang drastis.

Bagaimana jika Anda tengah menderita insomnia?

Mau tidak mau anda harus segera mencari sumber permasalahan tersebut dan segera mengatasinya. Jangan menganjurkan obat tidur. Ok!