Milk Lovers, kebutuhan tidur yang cukup, baik secara kuantitas ataupun kualitas, saat ini sudah termasuk dalam kategori yang mendesak. Melihat hal ini, pantas kalau banyak pakar kesehatan yang mencoba untuk mencari solusi bagaimana agar kita bisa tidur lelap sepanjang malam.

Buat kamu yang menderita insomnia, banyak solusi yang ditawarkan untuk bisa mendapatkan tidur yang nyenyak, salah satunya dengan rutin mengonsumsi susu hangat sebelum tidur. Tapi apakah benar susu bisa membuat tidur kita bisa nyenyak?

Menurut Dr Timothy Morgenthaler, pakar kesehatan tidur dari Mayo Clinic menyatakan, segelas  susu hangat sebelum tidur, punya banyak kontribusi untuk membuat seseorang jadi mengantuk. Hal ini tidak lepas dari kandungan susu yang mampu membuat tubuh jadi lebih santai.

Secara teori, Dr Timothy menyatakan jika susu mengandung triptofan yang terbukti secara klinis efektif membuat seseorang menjadi ngantuk akibat lepasnya melatonin dalam jumlah banyak. Walaupun begitu, jumlah triptofan dalam susu masih dianggap belum cukup untuk menginduksi rasa kantuk.

Dengan demikian, Dr Timothy menjelaskan jika rasa kantuk yang dihasilkan dari segelas susu hangat lebih terkait pada faktor psikologis saja, dimana susu sangat identik dengan seorang ibu, dan kebanyakan orang akan mengingat pengalaman menyenangkan tentang ibunya.

Nah, perasaan nyaman dan kenangan yang dibangun inilah yang akhirnya mampu menginduksi bahan kimia dalam otak yang bernama seoronin. Setelah itu, maka otak pun akan segera membentuk sensasi relaksasi yang memicu datangnya kantuk.

Seperti dilansir dalam Livestrong, selain karena faktor kenyamanan, susu pun dianggap sebagai minuman yang efektif mendatangkan kantuk karena sensasi hangatnya yang menyegarkan. Dengan kondisi ini, tubuh yang hangat akan membuat otot jadi rileks, hingga akhirnya rasa kantuk pun datang.

Susu pun efektif untuk menenangkan perut. Pada saat susu hangat diminum seseorang, secara otomatis tubuh akan segera menciptakan rasa lega, sekaligus efektif untuk mengurangi rasa tidak nyaman dalam perut atau lambung. Kondisi ini pun sama seperti bayi yang tertidur pulas setelah selesai disusui.

Dengan kata lain, Dr Timothy menyatakan jika susu merupakan bagian kecil untuk mendatangkan rasa kantuk. Walaupun begitu, kamu tetap disarankan untuk mengonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur demi mendapatkan khasiat lainnya yang lebih besar ketimbang hanya sebagai pemicu rasa kantuk saja.