Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu melalui proses fermentasi. Olahan susu tersebut dikenal dengan cita rasanya yang asam. Karena rasa asamnya itulah tidak sedikit orang memiliki presepsi yang keliru dan menganggap yogurt merupakan susu basi atau kadaluwarsa. Tentu anggapan ini mesti diluruskan.

Perlu ditekankan bawah yogurt bukan susu basi. Yogurt itu sendiri bisa diolah dari berbagai macam susu, mulai dari susu sapi hingga susu kacang kedelai. Awalnya dulu hanya dikenal yogurt tawar atau tanpa rasa sebagai contoh dari yogurt original. Namun, dewasa ini semakin marak ditawarkan inovasi yogurt yang diberikan tambahan variasi rasa. Misalnya yogurt rasa vanila, cokelat, buah, dan masih banyak lagi. Lantas apa yang menyebabkan yogurt memiliki rasa asam? Untuk mengetahui jawabannya berikut diberikan beberapa fakta uniknya khusus untuk Milk Lovers para Milk Lovers:

Keasaman pada Yogurt Itu Disengaja

Perlu Milk Lovers ketahui rasa asam pada yogurt memang disengaja. Maksudnya susu sapi segar dengan sengaja diasamkan menggunakan beberapa teknik. Adapun salah satu teknik yang banyak dilakukan yaitu dengan memberikan bibit yogurt pada susu segar lalu membiarkannya selama beberapa jam. Pemberian bakteri bibit yogurt tersebut bertujuan agar terjadi proses fermentasi yang menghasilkan tingkat keasaman yang disengaja. Produk hasil fermentasi itulah yang dikenal sebagai yogurt.

Penurunan pH Hasilkan Rasa Asam

Proses fermentasi laktosa atau gula susu oleh bakteri yang berlangsung merupakan proses anaerobik. Proses anaerobik merupakan proses yang terjadi tanpa adanya peran dari oksigen. Laktosa termasuk gula majemuk yang terdiri dari glukosa dan galaktosa. Selama prosesnya, enzim laktase dari bakteri akan memecah laktosa menjadi komponen yang lebih sederhana. Pengolahan lanjutan dari glukosa dan galaktosa memberikan hasil akhir asetaldehida dan asam laktat. Kedua produk itulah yang dapat menurunkan pH susu sehingga menghasilkan rasa asam dan getir. Tingkat pH yang rendah turut mempengaruhi protein susu yang menyebabkan terjadinya pengentalan dan pengendapan. Inilah mengapa yogurt memiliki bentuk dadih padat dengan cita rasa asam yang khas.

Kefir, Saudara Kembar Yogurt

Selain dengan memberikan bakteri bibit yogurt, proses pengasaman susu segar bisa juga dilakukan dengan bantuan tumbuhan kefir. Untuk teknik ini produk yang dihasilkan berupa susu alami lain yang populer disebut kefir. Mengenai manfaatnya bisa dibilang kefir tidak jauh beda dengan yogurt. Karena itu ada pula yang menyebut kefir sebagai saudara kembar yogurt.

Itulah mengapa yogurt memiliki rasa yang asam. Jadi Milk Lovers tidak perlu ragu untuk menyantap yogurt secara rutin. Apalagi yogurt diketahui mempunyai nilai gizi tinggi. Nilai gizi yogurt ada pada vitamin, lemak, protein, dan nutrisi bermanfaat lain seperti asam laktat. Hebatnya lagi yogurt memiliki khasiat stimulasi efektif bagi fungsi lambung dan usus kecil. Cukup menarik bukan.