Demi menjamin mutu sebuah susu, kamu wajib membeli produk susu yang benar-benar aman dan masih layak konsumsi. Pasalnya, beberapa kondisi ternyata bisa menyebabkan susu tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Salah satunya karena susu tersebut sudah basi atau kehabisan masa kadaluarsa.

Milk Lovers, kalau kamu menemukan beberapa ciri dibawah ini, sebaiknya jangan dikonsumsi, karena produk tersebut dipastikan sudah tidak layak untuk dikonsumsi karena sudah basi.

Rasa asam

Rasa asam susu basi dan yoghurt itu berbeda lho. Susu basi disebabkan karena serangan bakteri pembusuk, seperti bakteri E coli, jenis Enterobacter dan bakteri lainnya. Bakteri tersebut akan mengkontaminasi, sekaligus melepaskan metabolit yang merugikan kesehatan.

Hal ini berbeda dengan yoghurt yang memiliki rasa asam dari proses fermentasi asam laktat, sehingga menghasilkan rasa asam yang segar dan menyegarkan.

Berbau tajam

Susu yang sudah basi umumnya akan menghasilkan aroma basi yang tajam, cenderung tengik dan tidak segar. Bahkan ketika bakteri pembusuk tersebut sudah menguasai, susu basi biasanya akan berubah warna menjadi agak kekuningan, atau bahkan sedikit menghitam.

Dalam beberapa kondisi, biasanya bakteri tersebut akan berhasil berkembang biak hingga akhirnya menjadi belatung. Menjijikan bukan?

Menggumpal

Kalau membeli susu dan terlihat sudah ada gumpalan, ini bisa diartikan susu sudah basi, apalagi gumpalan tersebut diiringi dengan aroma yang agak tengik dan warna yang sudah tidak normal lagi. Kondisi ini sudah cukup menunjukan jika susu tersebut sudah basi.

Selain gumpalan, susu basi pun bisa dilihat dari fisik yang sudah terpisah, dimana sebagian terlihat seperti air, dan sebagian lagi terlihat seperti susu yang akan menggumpal.