Meski teknologi sudah sangat canggih, masih ada mitos-mitos yang berseliweran di berbagai bidang, tak terkecuali dunia kesehatan. Milk Lovers pasti pernah mendengar mitos bahwa susu bisa menyembuhkan masalah pencernaan, salah satunya sakit perut. Banyak orang yang mempercayainya dan kerap memakai minuman tersebut saat nyeri perut datang. Namun, apakah benar susu memiliki pengaruh besar sampai bisa meredakan sakit perut?

Malah Menaikkan Asam Lambung

Susu sudah dikenal lama sebagai minuman yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Kandungan gizi yang melimpah dan efek menenangkan adalah salah dua manfaat yang akan Milk Lovers peroleh. Dari zaman dahulu sampai tahun 1980-an, sebagian besar dokter masih menganggap kalau susu sanggup menyembuhkan sakit perut. Sehingga mereka pun merekomendasikannya kepada pasien. Lantas pada tahun 1976, sebuah studi menunjukkan hasil yang sebaliknya.

Ternyata, meminum susu saat sedang sakit perut justru akan meningkatkan asam lambung. Lantas, sakit perut yang diderita pasien pun malah semakin parah. Milk Lovers akan merasa tenang dan menganggap sensasi nyeri di perut mereda setelah minum susu. Namun, efek tersebut hanya berlangsung sementara, karena kemudian Milk Lovers akan kembali merasakan sakit di bagian perut.

Milk Lovers, pemaparan di atas menjelaskan kalau susu sebenarnya bukan solusi tepat untuk meredakan sakit perut. Susu memang memiliki kandungan gizi melimpah dan baik untuk kesehatan. Namun bukan berarti Milk Lovers bisa meminumnya untuk meredakan penyakit tertentu. Sebaiknya, periksakan diri ke dokter untuk memperoleh hasil yang lebih akurat.

Makanan dan Minuman Pereda Sakit Perut

Di sisi lain, Milk Lovers tidak perlu cemas karena ada bahan-bahan alami yang bisa meredakan sakit perut. Cara mengolah dan mengonsumsinya pun tidak terlalu sulit. Berikut makanan dan minuman yang bisa Milk Lovers coba:

  • Yogurt. Jika susu murni tidak bisa digunakan untuk meredakan sakit perut, lain halnya dengan yogurt yang merupakan produk olahan susu. Mengapa demikian? Sebab sifat probiotiknya bisa menghilangkan rasa tak nyaman di bagian perut. Yogurt pun bisa menaikkan imun tubuh;
  • Jus wortel. Sayuran bernama oranye ini juga wajib Milk Lovers tambahkan ke dalam daftar obat alami untuk meredakan sakit perut. Supaya hasilnya lebih optimal, tambahkan batang daun mint dan olah menjadi jus;
  • Oat. Bukan hanya berguna untuk menurunkan berat badan, oat juga bisa membantu Milk Lovers untuk mengurangi sensasi nyeri di perut. Jika Milk Lovers tidak menyukai rasanya yang hambar, tambahkan susu dan beberapa potong buah di atasnya;
  • Pepaya. Buah ini sudah sering digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan, termasuk sakit perut. Kandungan enzim bernama papain dalam pepaya akan membantu makanan untuk pecah agar tidak mengiritasi lambung.