Makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil sangat banyak mulai dari beberapa jenis buah-buahan hingga makanan kemasan. Memang, pada saat hamil Milk Lovers tidak dapat mengkonsumsi makanan secara sembarangan. Hal ini karena apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga akan diserap oleh janin yang sedang dikandung. Beberapa makanan perlu dihindari oleh ibu hamil karena dapat berdampak negatif terhadap kesehatan janin maupun ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa makanan yang wajib dihindari.

Tape

Tape merupakan makanan hasil proses fermentasi dari singkong. Proses pembuatannya menggunakan ragi. Pada prinsipnya semua minuman dan makanan yang mengandung fermentasi tidak bagus untuk ibu hamil karena mengandung alkohol. Alkohol sendiri sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Makanan Setengah Matang

Makanan yang biasanya dimasak setengah matang adalah daging, telur, seafood, dan susu. Makanan ini tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena dikhawatirkan mengandung bakteri salmonella. Bila bakteri tersebut sampai masuk, ibu hamil akan mengalami infeksi bakteri yang dapat berbahaya bagi janin.

Sushi

Sushi merupakan makanan dengan seafood mentah ala jepang. Hal ini karena makanan tersebut tidak steril dan masih memiliki bibit penyakit. Bila sampai dikonsumsi, janin beresiko mengalami pembengkakan cairan di saraf kepala. Dampaknya, kepala bayi pun akan memiliki ukuran yang besar. Beberapa bakteri yang terdapat di dalam sushi antara lain adalah coliform, salmonella, dan toksoplasmosis. Bakteri salmonella dapat menyebabkan kram perut dan diare. Sementara itu toksoplasmosis adalah bakteri yang dapat menyebabkan janin mengalami tokso. Tokso tersebut biasanya menyerang kepala janin.

Daging Berlemak

Daging yang mengandung banyak lemak tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Pasalnya daging tersebut akan menimbulkan kolesterol serta masalah kesehatan lainnya. Bila hal ini sampai terjadi, ibu hamil dapat mengalami komplikasi saat persalinan.

Sayur Nangka Muda

Nangka muda tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena mengandung banyak getah. Bila mencucinya kurang bersih dan proses memasaknya tidak benar, ibu hamil dan janin dapat mengalami gatal – gatal. Selain itu, plasenta bayi juga dipercaya menjadi lengket.

Ikan Dengan Kandungan Zat Berbahaya

Merkuri adalah zat berbahaya yang terdapat dalam makanan dan kosmetik. Ikan dengan warna sisik atau kulit mengkilap biasanya mengandung merkuri. Beberapa jenis ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil adalah tenggiri, todak, dan ikan yang ditangkap di kawasan limbah serta kawasan dengan kadar polutan tinggi. Ikan – ikan tersebut berpotensi besar mengandung merkuri.