Morning sickness adalah hal lumrah yang bakal Milk Lovers rasakan di awal kehamilan. Para ibu biasanya akan lebih sensitif dan lebih mudah mual kala mencium jenis makanan atau minuman tertentu. Padahal, di masa-masa tersebut Milk Lovers membutuhkan asupan gizi yang cukup buat menjaga tumbuh kembang si Kecil dalam rahim.

Susu adalah salah satu jenis minuman yang kerap ditolak para ibu hamil. Apa Milk Lovers termasuk bumil yang mengalami keluhan tersebut? Kira-kira, bagaimana cara mengatasinya, ya?

Mencegah Mual Gara-Gara Minum Susu

Menurut dr. Tria Rosemiarti selaku Medical Affairs Manager Sarihusada, Milk Lovers yang ingin minum susu tanpa merasa mual disarankan makan camilan terlebih dulu. Dia pun menganjurkan para bumil minum susu khusus dua kali sehari, yaitu di pagi dan menjelang tidur malam.

Tria mengatakan minum susu di malam hari akan memudahkan perut menyerap nutrisi dari makanan. Selain itu, keluhan mual yang Milk Lovers rasakan tak akan sehebat saat minum susu di pagi hari. Ngemil pun bakal membantu pemecahan laktosa, sehingga rasa mual tadi mereda.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, Milk Lovers perlu menambah porsi makan sebanyak 4 hingga 5 kali sehari, tetapi dalam porsi kecil. Tujuannya adalah menghindari perut kosong akibat mual serta menjaga keseimbangan kadar glukosa yang sering kali melonjak drastis pada ibu hamil.

Tips Sarapan Sehat Untuk Para Ibu Hamil

Pada dasarnya, minum susu bukanlah kewajiban yang harus dipenuhi ibu hamil. Apalagi beberapa perempuan punya gangguan intoleransi laktosa yang membuat mereka sulit minum susu dan produk olahannya. Nah, untuk menjaga kandungan Milk Lovers agar tetap sehat, awali hari dengan tip sarapan berikut ini:

  • Minum Teh Hangat. Jenis teh dengan aroma buah-buahan dan mint bakal membuat Milk Lovers tenang. Kandungan kafein pada minuman ini juga bakal membuat ibu hamil rileks tanpa bikin lemas;
  • Jauhi Kopi dan Creamer. Milk Lovers yang doyan ngopi mungkin agak tersiksa saat hamil karena harus menjauhi minuman tersebut. Asam dari kopi akan mengganggu kinerja lambung dan creamer yang dipakai berpotensi bikin mual, lho;
  • Hindari Makanan Pemicu Mual. Makanan pemicu mual buat setiap bumil biasanya berbeda. Ada yang disebabkan makanan terlalu masam, ada juga yang mual saat memakan hidangan manis;
  • Kurangi Makanan Basah dan Lemak Tinggi. Makanan lengket atau basah sering kali memupus selera makan bumil, sedangkan makanan berlemak adalah penyebab rasa mual lainnya yang perlu dihindari;

Makan Sedikit Demi Sedikit. Seperti yang disinggung, Milk Lovers yang sedang mengandung dianjurkan makan dalam porsi kecil. Langkah ini, selain mengatasi mual, bakal membantu sistem cerna menyerap nutrisi makanan yang dikonsumsi.