Selama dalam masa kehamilan, nutrisi merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan Ibu hamil, salah satunya adalah folat. Bagi ibu hamil, folat merupakan tumpuan penting untuk mencegah keguguran, menghindari bayi lahir cacat, meningkatkan produksi sel darah merah dan banyak manfaat lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat atau yang kerap disebut vitamin B9, Milk Lovers bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan, seperti pepaya, pisang, alpukat dan sayuran hijau, seperti brokoli, sawi, dan kacang-kacangan. Dalam kondisi tertentu, terkadang konsumsi suplemen khusus sangat disarankan.

Apakah hanya asam folat saja? Bagaimana dengan vitamin D?

Secara keseluruhan, ibu hamil butuh nutrisi lengkap untuk menunjang kehamilannya. Salah satunya adalah vitamin D. Seperti dilansir dari pregnancy.org, baik asam folat atau folic acid dan vitamin D, keduanya sangat dibutuhkan ibu hamil untuk menjamin perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.

Vitamin D sendiri dibutuhkan untuk menjaga fungsi kerja otot agar tetap maksimal, memelihara kekuatan tulang, dan membantu tubuh dalam memaksimalkan penyerapan unsur kalsium yang bersumber dari susu, daging, kacang-kacangan dan makanan lainnya.

Apa akibat dari kekurangan vitamin D?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, kekurangan vitamin D bagi Ibu hamil, memperbesar risiko kurangnya kadar kalsium pada tulang si janin, walaupun Milk Lovers sudah banyak mengonsumsi susu dan makanan kaya kalsium lainnya.

Bahkan dalam beberapa kasus, ditemukan juga bayi yang mengidap rickets, atau kondisi kerapuhan tulang setelah mereka lahir. Hal inilah yang menyebabkan kenapa ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan nutrisi, khususnya vitamin D dan asam folat.

Darimana sumber vitamin D?

Berbeda dengan jenis vitamin lainnya, vitamin D secara alami diproduksi tubuh dengan bantuan sinar matahari. Hal inilah yang menyebabkan banyak pakar kesehatan yang menyarankan Milk Lovers untuk olahraga, atau minimal berjalan kaki di pagi hari sambil menyambut datangnya matahari.

Selain itu, vitamin D pun bisa didapatkan dari beberapa bahan makanan, seperti ikan, terutama dalam jenis ikan salmon, mackerel, sardines dan ikan herring. Ikan-ikan tersebut diklaim mampu memenuhi 10 persen dari total kebutuhan harian vitamin D Milk Lovers.

Selain itu, vitamin D pun bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan olahan, seperti margarin, jus jeruk, dan susu skim. Dalam kondisi tertentu, dokter pun terkadang akan menyarankan Milk Lovers untuk mengonsumsi suplemen khusus penambah vitamin D, dan memperbanyak makanan

Nah Milk Lovers, bagaimana dengan Milk Lovers? Apakah sudah memenuhi kebutuhan vitamin D harian Milk lovers? Jangan terlambat, yuk kita penuhi kebutuhan asam folat dan vitamin D agar janin jadi lebih sehat, dan ibu pun tambah senang.