Banyak sekali mitos yang menerpa susu, salah satu yang paling populer adalah, rutin mengonsumsi susu bisa menyebabkan jerawat. Apakah itu benar?

Menurut penelitian terbaru, yang dimuat dalam Journal of the American Academy of Dermatology, menyatakan jika mereka yang rutin mengonsumsi susu, punya risiko terkena jerawat lebih tinggi ketimbang mereka yang mengonsumsi sedikit susu.

Walaupun begitu, tidak semua susu bisa menyebabkan jerawat. Dalam penelitian ini disebutkan jika susu yang menyebabkan jerawat adalah susu skim dengan Glycemic Index atau kadar gula yang tinggi. Hal tersebut karena susu skim mengandung hormon androgen yang cukup tinggi.

Tidak Hanya Susu Skim

Selain susu, penelitian tersebut pun menyebutkan beberapa makanan lainnya yang berpotensi besar menimbulkan jerawat. Dilansir dari Yahoo Shine, berikut merupakan 5 makanan yang bisa menyebabkan dan memperparah jerawat.

Gula

Tidak hanya menyumbang kalori dalam cukup besar, ternyata gula dan beberapa makanan dengan kandungan gula yang tinggi, disinyalir dapat menyebabkan jerawat. Pasalnya, gula dikenal sebagai bahan makanan pro inflamasi yang akan membuat jerawat makin parah.

Kedelai

Yakin susu kedelai lebih ramah ketimbang susu sapi? Milk Lovers, ternyata penelitian tersebut pun menyebutkan jika kedelai dan produk turunannya, mengandung Phytoestrogens yang mampu memicu lonjakan hormon dalam tubuh, hingga akhirnya menyebabkan jerawat.

Kopi

Percaya atau tidak, selain efektif menyegarkan tubuh, kopi pun dapat menyebabkan jerawat. Hal ini dipicu karena kandungan asam organik dalam kopi, bisa mempengaruhi pertumbuhan hormon androgen. Selain itu, kopi pun dapat merangsang kelenjar sebaceous memproduksi minyak dan memicu peradangan.

Roti

Makanan berjenis roti, termasuk roti putih, muffin, cake dan lainnya, bisa menyebabkan jerawat dan mampu memperparah kondisi peradangan. Dalam penelitian tersebut pun disebutkan jika roti jenis muffin paling banyak memicu timbulnya jerawat.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bersifat comedogenic. Hal inilah yang menyebabkan makanan yang diolah dengan cara digoreng, atau diolah dengan tambahan minyak goreng, bisa menyebabkan jerawat dan membuat peradangan makin parah.

Selain itu, masih banyak faktor lainnya yang tanpa diduga bisa menyebabkan atau bahkan memperparah kondisi jerawat. Makanya Milk Lovers, bijaklah dalam memilih makanan.