Di tengah pandemi virus Covid-19 yang sampai saat ini masih, menerapkan protokol kesehatan adalah hal yang paling penting, terlebih bagi para ibu yang saat ini menjalani masa kehamilan. Para ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjaga pola hidup sehat agar ibu dan bayinya nanti selamat dan terbebas dari kontaminasi virus Covid-19.

Di antara ibu hamil, mungkin ada beberapa yang merasa was was terhadap kesehatan diri dan janin yang dikandung, khususnya mereka yang belum lama lagi akan menjalani proses persalinan. Agar proses persalinan nanti lancar dan aman, berikut adalah tips persiapan untuk ibu hamil yang melahirkan di masa New Normal.

  1. Lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin

Untuk ibu hamil yang memasuki masa persalinan pemeriksaan kandungan harus tetap dilakukan, sesuai jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya oleh dokter kandungan. Tapi ingat, ibu hamil harus selalu menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

  1. Memilih dan mempertimbangkan tempat persalinan

Di masa pandemi seperti saat ini, memilih tempat melahirkan tidak boleh asal dan perlu dipertimbangkan dengan matang. Sebaiknya diskusikan ini dengan pasangan dan dokter kandungan yang menangani selama kehamilan, ya. Jika Milk Lovers sudah menentukan pilihan, tanyakan juga prosedur persalinan di tengah pandemi Covid-19. 

  1. Menentukan metode melahirkan

Ibu hamil biasanya diberikan kebebasan untuk memilih metode persalinan yang menurutnya nyaman untuknya. Tetapi, pilihan ini nantinya akan tetap disesuaikan dengan kondisi kehamilan dan juga berdasarkan anjuran dari dokter kandungan dan bidan yang menangani.

  1. Batasi pendamping saat persalinan

Karena pandemi, pihak rumah sakit umumnya sudah melakukan sejumlah penyesuaian yang salah satunya adalah peraturan jumlah pendamping melahirkan. Pendamping bagi ibu hamil biasanya tetap diizinkan, namun jumlahnya lebih dibatasi, yaitu 1 orang saja untuk menekan resiko penyebaran Covid-19.

  1. Melakukan skrining sebelum persalinan

Ketika hari perkiraan hari persalinan semakin dekat (sekitar usia kehamilan 38 minggu), ibu hamil akan dianjurkan untuk melakukan tes polymerase chain reaction (PCR).

Itulah beberapa tips persiapan untuk ibu hamil yang melahirkan di masa New Normal. Semoga informasinya bermanfaat dan jika Milk Lovers ingin informasi lebih lengkap tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya, yaitu dokter kandungan.