CLOSE X
Berapa Kali Sih Idealnya Cek Kehamilan?

Berapa Kali Sih Idealnya Cek Kehamilan?

Tips Kesehatan
Tips Kesehatan
Tuesday, 16 Jan 2018

Milk Lovers yang hamil harus selalu memeriksakan kondisi kandungannya secara berkala agar memastikan kondisi terakhir kehamilannya. Pemeriksaan kehamilan ini diharapkan mampu membuat bayi lahir dengan sehat dan ibu juga selamat. Cek kehamilan ini memiliki tujuan untuk menekan angka kematian bayi dan ibu.

Inilah Jumlah Pemeriksaan Kehamilan

Milk Lovers wajib untuk memeriksakan kondisi kandungan dan kehamilan minimal sebanyak empat kali. Pemeriksaan kehamilan ini berguna untuk membuat kondisi janin dan kesehatan ibu bisa di pantau dengan baik sampai menuju proses persalinan. Mengapa harus empat kali pemeriksaan kehamilan dan satu kali pemeriksaan di tiga bulan pertama? Ini berguna untuk menjaga dan memantau kondisi kesehatan ibu hamil agar kondisi janin terjamin dan sehat.

Pemeriksaan di tiga bulan pertama adalah untuk mengetahui berapa berat badan ibu hamil. Pemeriksaan di trimester II juga bertujuan untuk mengetahui detak jantung jabang bayi sehingga ibu hamil bisa melakukan langkah antisipasi untuk menjaga kesehatan janin dan kehamilan.

Tahapan Pemeriksaan Kehamilan

Saat Milk Lovers ingin memeriksakan kehamilan, maka harus melalui beberapa tahapan. Tak hanya terdiri dari satu tahap saja. Konsultasi tahap awal adalah konsultasi pertama yang harus dilakukan saat Milk Lovers hamil. Ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan tubuh dan janin Milk Lovers.

Pemeriksaan kesehatan lanjutan akan terdiri dari pemeriksaan kondisi genetis Milk Lovers dan riwayat alergi atau penyakit. Di awal pemeriksaan ini, maka ada kemungkinan Milk Lovers melalui pemeriksaan dengan ultrasound scan untuk mengukur ukuran janin Milk Lovers . Pemeriksaan selanjutnya dilakukan saat usia kehamilan 16 minggu dengan tes urin dan darah.

Pemeriksaan juga akan dilakukan untuk mengecek tekanan darah Milk Lovers. Di usia kandungan 18 hingga 20 minggu, maka Milk Lovers akan melakukan pemeriksaan scan anomali. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada cacat bawaan pada janin yang Milk Lovers kandung.

Pemeriksaan Kesehatan Lanjutan

Saat usia kehamilan menginjak usia 28 minggu, maka Milk Lovers harus melalui pemeriksaan lanjutan. Milk Lovers bisa melakukan tes darah untuk mengecek antibodi. Pemeriksaan ini juga akan melibatkan suntikan khusus yaitu Anti D untuk melindungi janin dari serangan virus dan penyakit. Kemudian, Milk Lovers akan mendapatkan suplemen untuk meningkatkan zat besi di dalam tubuh agar lebih siap dalam proses persalinan. Pemeriksaan kesehatan untuk ibu hamil sangat penting dilakukan dan dianjurkan empat kali dalam masa kehamilan.

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya