Dikenal dengan nama hipertensi, tekanan darah tinggi merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada pembuluh darah jantung. Milk Lovers yang mengalami hipertensi biasanya akan merasakan kram, pusing, sukar berkonsentrasi, dan lain sebagainya akibat jantung yang terlalu kuat memompa darah.

Hipertensi termasuk penyakit yang tak boleh dipandang sebelah mata, karena kalau Milk Lovers biarkan terlalu lama akan menyebabkan serangan jantung hingga stroke. Di sisi lain, halangan tersebut rupanya tak menghalangi pasien hipertensi untuk puasa. Jika Milk Lovers menderita gangguan serupa, ketahui dahulu pantangan apa saja yang harus dihindari agar puasa berjalan mulus.

Garam dapur

Berdasarkan penelitian Blood Pressure and Dietary Salt in Human Populations, garam dapur kaya akan sodium yang berpotensi merusak dinding arteri. Selain itu, sodium juga kerap menahan air dalam tubuh Milk Lovers yang mengakibatkan terhambatnya sirkulasi darah menuju ginjal, jantung, hingga otak. Maka dari itu pasien hipertensi dianjurkan membatasi asupan garam harian.

Kentang goreng

Memang sulit rasanya menolak kelezatan kentang goreng yang renyah dan gurih. Namun, tahukah Milk Lovers kalau kentang goreng dari restoran cepat saji ukuran sedang ternyata memiliki kandungan sodium mencapai 270 gram? Bukan hanya itu, camilan tersebut juga mengandung 19 gram lemak jahat yang akan meningkatkan tekanan darah dalam arteri.

Daging merah

Daging merah yang berasal dari ternak besar adalah sumber lemak yang kurang sehat untuk jantung maupun pembuluh darah. Berdasarkan studi Relation of Vegetable, Fruit, and Meat Intake to 7-Year Blood Pressure in Middle Age Man, daging merah yang diolah memakai minyak nabati tak dianjurkan untuk penderita konsumsi karena kadar lemaknya yang sangat tinggi.

Produk olahan dan acar

Makanan olahan seperti sosis, kentang beku, hingga nugget dikenal sebagai sumber sodium tinggi. Hal ini juga berlaku untuk daging olahan seperti hamburger dan bacon. Kemudian, ada juga acar yang tidak diketahui banyak orang mempunyai kadar sodium mencapai 570 miligram untuk ukuran sedang atau satu per tiga kebutuhan sodium harian.

Gula dan makanan manis

Selain garam dapur, gula yang dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita hipertensi akan menaikkan risiko obesitas. Sementara itu, makanan manis seperti donat dengan berbagai taburan ternyata kurang baik kalau Milk Lovers santap sebagai sarapan, sebab memiliki kandungan lemak mencapai 12 gram dan kalori hingga 200 kkal.

Soda dan alkohol

Di sektor minuman, soda walau tergolong rendah kalori tetap berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut juga akan terjadi bila Milk Lovers meminum soda yang dicampur perasan jeruk. Ada pula minuman beralkohol yang tak hanya memperburuk hipertensi yang Milk Lovers, tetapi juga merusak dinding pembuluh darah.