Mendapatkan diagnosis tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi mimpi buruk sebagian orang, terutama mereka yang doyan makan. Milk Lovers mau tak mau harus mematuhi saran dari dokter dan menjalani diet dengan mengonsumsi makanan yang disarankan.

Selain itu, Milk Lovers harus menghindari beberapa jenis makanan yang berpotensi menaikkan tekanan darah. Simak daftar selengkapnya di bawah ini!

  1. Makanan Berlemak

Lemak sejatinya dibutuhkan tubuh. Akan tetapi penderita hipertensi harus memperhatikan asupan sumber lemak yang dikonsumsi. Milk Lovers dianjurkan menghindari lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh apabila dimakan berlebihan. Selain itu, makanan bersantan dan cokelat dengan kandungan susu juga sebaiknya dihindari. Pasalnya kandungan dalam santan dapat memicu penyakit lain, misalnya serangan jantung hingga stroke.

  1. Makanan Digoreng

Mengolah makanan dengan cara digoreng memang mudah dan enak, tetapi bisa membahayakan nyawa penderita hipertensi. Seperti pada poin sebelumnya, kandungan lemak jenuh dan trans pada makanan dan minyak yang digunakan meningkatkan risiko kardivaskular. Kalaupun Milk Lovers butuh minyak, ada baiknya ganti dengan minyak zaitun yang lebih menyehatkan. Biasakan diri juga untuk mengolah bahan makanan dengan metode lain seperti kukus dan rebus.

  1. Seafood

Milk Lovers penggemar seafood? Ada kabar kurang bagus bila Milk Lovers mempunyai hipertensi juga, karena seafood termasuk jenis makanan yang masuk ke daftar pantangan. Beberapa jenis seafood seperti kerang, cumi, dan udang memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Konsumsi berlebih pada jenis seafood tersebut akan mengganggu kesehatan. Milk Lovers masih bisa, kok, menyantap seafood selama mengikuti aturan dokter.

  1. Kuning Telur

Kuning telur sebenarnya termasuk sumber protein yang bisa memenuhi asupan harian tubuh. Akan tetapi, konsumsinya harus diatur bagi penderita hipertensi. Pasalnya, kuning telur berlebih berdampak pada kadar kolesterol tubuh yang nantinya bakal meningkatkan risiko hipertensi sampai penyakit jantung. Disarankan bagi Milk Lovers untuk menyantap kuning telur yang direbus alih-alih digoreng untuk mendapatkan protein yang baik untuk keseharan tubuh.

  1. Makanan Asin dan Manis

Garam tak dinyana lagi jadi musuh terbesar penderita hipertensi, sehingga konsumsinya bisa dikurangi secara drastis. Milk Lovers yang punya tekanan darah tinggi juga bisa disarankan mengikuti program DASH untuk membiasakan tubuh akan absennya garam. Selain itu, makanan tinggi gula juga tak baik dimakan banyak-banyak. Khususnya pada jenis makanan yang menggunakan jenis pemanis buatan seperti permen, kue kering, dan produk pabrik lainnya.

Selain menghindari jenis makanan di atas, Milk Lovers juga harus menjaga gaya hidup sehat dengan berolahraga dan istirahat yang cukup. Buatlah janji dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan rutin dan diskusi lain terkait diet yang dijalani sebagai penderita hipertensi.