Ketika Milk Lovers mengandung, Milk Lovers perlu menyadari bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi juga akan memengaruhi kondisi janin. Artinya, ada makanan dan minuman yang bermanfaat untuk Milk Lovers dan janin, tapi ada juga yang bisa membahayakan kondisi kehamilan, bahkan mengakibatkan keguguran!

Kalau begitu, Milk Lovers jelas harus menghindari berbagai jenis makanan yang bisa memicu keguguran, kan? Kalau begitu, apa saja ya makanan-makanan yang wajib dihindari Milk Lovers mulai dari hamil muda saat ini? Yuk, simak daftar dan penjelasannya berikut ini!

Jenis Makanan Pemicu Keguguran

  1. Telur Setengah Matang atau Mentah

Pada dasarnya, telur yang matangnya tidak sempurna – mentah maupun setengah matang – punya risiko kandungan bakteri Salmonella. Nah, bakteri ini bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran, lho! Pantangan ini juga berlaku untuk berbagai jenis makanan yang dibuat dari telur mentah sebagai salah satu bahan utamanya, misalnya salad dressing dan mayonnaise

  1. Daging Setengah Matang atau Mentah

Mirip seperti telur mentah maupun setengah matang, daging yang tidak matang juga berisiko terinfeksi bakteri Salmonella. Selain itu, ada juga risiko infeksi bakteri E.coli dan Listeria, maupun parasit Toxoplasma gondii alias toksoplasmosis. Selain bisa memicu terjadinya keguguran, infeksi parasit dan bakteri tersebut juga mampu mengakibatkan adanya komplikasi serius pada janin Milk Lovers.

  1. Makanan Laut yang Masih Mentah

Semua jenis makanan laut alias seafood yang masih mentah adalah salah satu pantangan utama bagi para ibu hamil, terlepas dari usia kehamilannya. Artinya, Milk Lovers yang masih hamil muda sekalipun juga dilarang mengonsumsi seafood mentah, seperti sashimi dan sushi.

Sebab, konsumsi makanan laut mentah, terutama kerang, bisa meningkatkan risiko infeksi berbagai jenis parasit, virus, maupun bakteri seperti Listeria, norovirus, dan Salmonella. Di samping itu, Milk Lovers juga perlu membatasi jumlah konsumsi ikan yang mengandung merkuri.

Risiko lain yang mengintai dari konsumsi makanan laut mentah pada ibu hamil juga termasuk persalinan prematur, cacat pada janin, hingga bayi yang lahir dalam kondisi meninggal.

  1. Deli Meat

Deli meat merupakan daging olahan dalam bentuk lembaran yang umum dijadikan sebagai isian untuk hamburger maupun sandwich rumahan. Apabila pemprosesannya tidak dilakukan dengan baik, deli meat berisiko tinggi terinfeksi bakteri Listeria yang bisa menginfeksi janin karena dapat masuk ke dalam plasenta, sehingga risiko keguguran juga meningkat.

  1. Buah Nanas

Buah yang satu ini barangkali sduah sangat terkenal akan reputasinya sebagai makanan penyebab keguguran. Hal ini dikarenakan adanya kandungan enzim bromelain di dalamnya, yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak bisa membuat leher rahim melunak sehingga memicu kontraksi. Karenanya, nanas sering kali dianggap mampu memicu keguguran. Hanya saja, klaim tersebut sebenarnya masih memerlukan bukti serta penelitian lebih lanjut.

  1. Pepaya Mentah

Apabila pepaya dikonsumsi dalam kondisi masih muda alias masih mentah, buah ini justru jadi sangat berbahaya bagi ibu hamil. Soalnya, pepaya mentah mengandung lateks atau getah yang dikhawatirkan bisa memicu terjadinya kontraksi. Meski begitu, serupa dengan buah nanas, klaim bahwa pepaya mentah dapat mengakibatkan keguguran juga masih perlu diteliti lagi lebih jauh.