Milk Lovers akan mendapatkan vaksin Covid-19 dalam waktu dekat? Ada beberapa hal yang sebaiknya Milk Lovers ketahui sebelum menjalani vaksinasi dan salah satunya adalah mengetahui makanan & minuman yang baik dikonsumsi sebelum & sesudah vaksin Covid-19. Hal ini penting untuk diketahui agar vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh Milk Lovers bisa bekerja dengan optimal.

 

Konsumsi Makanan Sehat

Menurut informasi di laman situs kompas.com, makanan sehat seperti sayuran hijau sangat disarankan untuk dikonsumsi sebelum vaksinasi dilakukan. Sayuran hijau mengandung nutrien seperti mineral dan senyawa fenol yang baik untuk sistem imun. Karena itu, Milk Lovers disarankan untuk meningkatkan konsumsi sayuran hijau sejak beberapa hari sebelum vaksin.

Masih dari informasi di dari laman situs kompas.com, selain sayuran hijau, buah-buahan juga baik untuk dikonsumsi sebelum vaksinasi dilakukan. Buah-buahan mengandung banyak mineral, vitamin dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan imun tubuh Anda. Pilihlah buah yang mengandung banyak air seperti nanas, mangga, semangka, dan jeruk.

Lalu apa makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah vaksinasi? Dilansir dari laman situs klikdokter, buah-buahan dan sayuran juga baik untuk dikonsumsi setelah menjalani vaksinasi Covid-19. Buah dan sayuran kaya nutrisi dapat memperkuat sistem imunitas dan memungkinkan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik.

Selain itu, kacang-kacangan dan ikan berlemak sehat (salmon) juga sangat baik untuk dikonsumsi setelah vaksinasi karena bisa memperkuat imun tubuh.

 

Konsumsi Cukup Cairan

Dilansir dari laman situs Huffington Post, seorang ahli mikrobiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Washington bernama Deborah Fuller, mengungkapkan bahwa menjaga kondisi tubuh agar terus terhidrasi penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga akan membantu tubuh kita mengembangkan respons yang lebih baik terhadap vaksin Covid-19.

Lalu minuman apa yang sebaiknya di minum? Selain air putih, ada beberapa minuman yang baik untuk dikonsumsi selama proses vaksinasi, yaitu:

 

  1. Teh hijau

Dilansir dari laman situs kontan.co.id, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Frontiers, senyawa yang terkandung dalam teh hijau mampu menghambat fungsi enzim yang terdapat dalam virus Covid-19. Saat fungsi enzim menurun, virus Covid-19 tidak mampu menyebar ke seluruh tubuh.

 

  1. Rebusan jahe

Dilansir dari laman situs suara.com, jahe memiliki asam amino yang bisa mengatasi stres pikiran. Milk Lovers bisa mengolah jahe dengan cara merebusnya atau mencampurnya dalam minuman lain, seperti teh. Dengan mengonsumsi air rebusan jahe, Milk Lovers bisa merasa lebih santai dan rileks setelah suntik vaksin Covid-19.

 

  1. Susu

Susu juga baik dikonsumsi agar vaksinasi berjalan dengan optimal. Selain bisa membantu menjaga kondisi tubuh agar terus terhidrasi, dilansir dari laman situs liputan6.com, ahli gizi Mayapada Hospital Kuningan, Christina Andhika, mengonsumsi susu dapat membantu meningkatkan kadar protein yang berguna meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengganti sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi.

 

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Milk Lovers ingin mengetahui lebih lanjut tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahli gizi atau ahli medis. Jangan lupa, agar pandemi Covid-19 segera berakhir, setelah vaksinasi jangan lupa untuk tetap menjalani protokol kesehatan ya Milk Lovers!