Hampir bisa dipastikan, setiap melihat warna-warni es krim anak-anak biasanya merengek untuk dibelikan. Tapi banyak dari orangtua yang enggan membelikannya karena khawatir buah hatinya terserang batuk dan flu. Benarkah es krim bisa menyebabkan anak batuk?

Es krim ada beberapa jenis bahan dasarnya dan yang baik untuk dikonsumsi adalah es krim yang terbuat dari susu karena menyediakan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi anak-anak. Walaupun begitu, tetap porsi pemberian es krim pada anak tidak boleh berlebihan dan harus dibatasi.

Pasti banyak dari Milk Lovers yang sudah tahu kalau ada beberapa alasan lain yang bisa memicu penyakit batuk dan pilek tanpa mengonsumsi es krim sekalipun. Sebab biasanya minuman dingin atau es krim sebenarnya hanya pemicu saja dan bukan penyebab utama penyakit batuk dan pilek.

Jika anak batuk setelah makan es krim, mungkin saja hal ini terjadi karena kondisi tubuhnya sedang menurun. Daya tahan tubuh anak yang rentan terhadap serangan berbagai penyakit harus diperhatikan. Seperti anak yang menderita amandel, disarankan untuk menghindari es krim dulu karena berpotensi bengkaknya amandel.

Apabila terjadi radang di tenggorokan kemudian anak diberikan es krim atau minuman dingin sudah pasti radangnya akan semakin meningkat. Hal ini bisa terjadi karena suhu yang terlalu dingin bisa membuat tenggorokan iritasi dan akhirnya kuman penyakit menjadi mudah masuk kemudian berkembang.

Menurut Geovani Maharasitha Syafitri, S.Gz, Ahli Gizi RS. Siloam Hospital Lippo Karawaci, ketika memberi es krim pada anak, pastikan dulu kondisi  tubuh anak dalam keadaan sehat karena apabila es krim dikonsumsi ketika kondisi anak sedang kurang fit bisa menyebabkan ia sakit bahkan bisa memperparah penyakit yang sedang ia derita.

Pendapat Geovani Maharasitha Syafitri, S.Gz di atas didukung oleh sebuah hasil penelitian dalam Journal of Paediatrics and Child Health yang mengungkapkan bahwa  penyakit saluran pernapasan seperti radang tenggorokan akan muncul jika terjadi penurunan daya tahan tubuh terhadap udara dingin.

Selain memperhatikan daya tahan tubuh anak, pemilihan es krim yang sehat dan tidak akan mengganggu kesehatan anak juga perlu diperhatikan. Jika es krim tersebut kurang higienis atau mengandung banyak bahan kimia bisa memicu penyakit pada buah hati. Karena itulah, pilihlah es krim yang dikemas dengan baik lengkap dengan info nutrisi yang terkandung di dalamnya.