Gondongan atau dalam istilah medis sering disebut dengan Parotitis Epidemika atau Mumps merupakan infeksi virus menular yang menyebabkan masalah pembengkakan pada kelenjar liur dan disertai dengan rasa nyeri. Gondongan disebabkan oleh virus paramyxovirus. Biasanya penyakit ini menyerang anak – anak dengan rentang usia 4 – 14 tahun.

Gejala yang ditunjukkan biasanya dimulai dengan demam selama 1 – 2 hari, berkurangnya nafsu makan, sakit kepala, merasa tidak enak badan, demam, dan menggigil. Gejala pertama yang ditunjukkan oleh infeksi kelenjar air liur berupa nyeri di sekitar telinga. Rasa nyeri tersebut akan semakin bertambah ketika menelan atau mengunyah makanan.

Anak biasanya juga akan merasakan nyeri saat kelenjar liur di leher disentuh. Ketika mengalami kondisi tersebut, suhu tubuh anak pada saat ini biasanya naik hingga 38,9 derajat Celsius. Pembengkakan kelenjar liur umumnya terjadi pada hari kedua.

Virus yang menyebabkan gondongan ditularkan lewat percikan air liur dari batuk atau bersin atau karena langsung bersentuhan dengan benda – benda yang sudah terkontaminasi oleh air liur penderita gondongan. Masa inkubasi virus ini adalah 14 sampai 21 hari.

Jika buah hati mengalami gondongan, sebaiknya beri ia makanan lunak dan tidak memberi minuman dengan rasa yang asam karena dapat memperparah rasa nyeri yang dialami. Untuk meredakan rasa nyeri, Milk Lovers dapat memberikan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau asetaminoten.

Sekedar informasi, anak yang sudah pernah mengalami penyakit gondongan biasanya sudah mempunyai kekebalan terhadap penyakit tersebut seumur hidup. Hampir semua anak yang sudah pernah mengalami gondongan akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi tetap saja ada kemungkinan terjadi terjadi komplikasi bila pengobatan yang diberikan tidak tepat.

Komplikasi ini dapat berupa peradangan di kantong kemih (anak laki-laki), radang pada indung telur (anak perempuan), radang di pankreas, ginjal, dan radang pada sendi. Biasanya obat penyakit gondongan lebih ditujukan pada cara untuk mengurangi gejalanya. Anak perlu mendapatkan istirahat yang cukup dan makanan bergizi supaya sistem kekebalan tubuhnya meningkat.

Pada zaman dulu, anak – anak yang mengalami gondongan biasanya diberi kalung untaian buah mengkudu atau blau (bubuk pewarna pakaian) yang ditaburkan pada pakaian. Namun sampai saat ini masih belum diketahui hubungan antara gondongan dengan pengobatan tersebut karena memang tidak dianjurkan secara medis. Namun pada banyak kasus, anak yang mengalami gondongan dan diberi blau lebih cepat pulih. Sebenarnya penyakit gondongan pada anak adalah penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Tetapi perlu makanan yang terjaga kandungan gizi dan istirahat yang cukup agar cepat pulih.