Diabetes melitus atau kencing manis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang diidap masyarakat Indonesia. Bahkan sekarang, bukan hanya manula saja yang terserang diabetes, tetapi Milk Lovers yang berusia muda pun tak luput dari risiko tersebut. Ada banyak faktor penyebab diabetes, mulai dari riwayat keluarga, gaya hidup, hingga makanan yang kurang sehat. Diabetes tipe II bahkan baru terdeteksi saat gejala-gejalanya semakin parah dan tidak diatasi sejak dini.

Namun Milk Lovers tidak perlu khawatir, karena ada banyak metode pengobatan yang bisa diambil untuk mencegah penyakit tersebut. Ada tiga jenis terapi yang bisa Milk Lovers lakukan, yaitu menjalani gaya hidup sehat, mengonsumsi obat, dan senam diabetes secara rutin. Pasien yang mengidap diabetes atau diabetesi disarankan untuk melakukan senam diabetes sebanyak tiga atau empat kali seminggu.

Senam diabetes dipercaya dapat mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh Milk Lovers. Gerakannya pun tentu disesuaikan agar kesehatan diabetesi semakin membaik. Sebagian besar gerakan senam tadi melibatkan hampir seluruh bagian tubuh dan tidak terlalu energik seperti SKJ maupun low impact seperti senam untuk lansia. Variasinya pun amat beragam, meski Milk Lovers akan menghadapi beberapa efek seperti kesemutan.

Untuk mempraktikan senam diabetes, Milk Lovers dapat melakukannya secara berkelompok maupun sendiri. Di bawah ini ada panduan senam diabetes yang bisa Milk Lovers simak.

Pemanasan 1

Ambil posisi untuk berdiri di tempat, lalu angkat kedua tangan sampai sejajar bahu. Tautkan dua tangan dan lakukan secara bergantian dengan tangan di depan tubuh.

Pemanasan 2

Ambil posisi untuk berdiri di tempat, lalu angkat kedua tangan sampai sejajar bahu. Lantas, gerakkan jari-jari dari kedua tangan seperti akan meremas dan buka lebar. Praktikan secara bergantian dengan tangan diangkat ke kanan dan ke kiri sampai bahu lurus.

Inti 1

Pastikan tubuh berdiri tegap. Kemudian, gerakkan kaki kanan maju selangkah sementara kaki kiri tetap di tempatnya. Angkat yang kanan sampai sejajar dengan bahu. Lantas tekuk tangan kiri sampai telapak tangan mendekati dada dan lakukan gerakan ini bergantian.

Inti 2

Pastikan tubuh berdiri tegap. Kemudian, angkat kaki kanan sampai paha dan betis membentuk posisi 90 derajat sementara kaki kiri berada di tempat. Selanjutnya, angkat tangan kanan sampai sejajar bahu dan tekuk tangan kiri sampai telapak tangan mendekati dada. Praktikan secara bergantian.

Pendinginan 1

Tekukan sedikit kaki kanan sementara kaki kiri dibiarkan lurus. Posisikan tangan kiri sampai ke depan dan sejajar bahu, sedangkan tangan kanan menekuk ke dalam. Praktikan bergantian.

Pendinginan 2

Posisikan kaki menjadi huruf V terbalik, lalu rentangkan kedua tangan sampai ke atas dan membentuk huruf V.