Milk Lovers, belakangan ini hujan terus mengguyur di beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya harus mengkhawatirkan aktivitas harian yang terganggu saja, Milk Lovers pun wajib memperhatikan kondisi kesehatan. Pasalnya, musim hujan dikenal juga sebagai musim pancaroba.

Agar kondisi tetap fit meskipun didera hujan yang deras, berikut merupakan tips menjaga daya tahan tubuh agar Milk Lovers bisa tetap sehat dan bugar di musim pancaroba, seperti dilansir dalam NY Times.

Olahraga

Sebuah penelitian terbaru menyatakan jika olahraga secara teratur ampuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan kata lain, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi terhadap serangan mikroba yang mampir lewat berbagai sel tubuh. Hal inilah yang akan membuat Milk Lovers lebih kuat dan tahan dari serangan berbagai penyakit.

Nutrisi Makanan

Apa yang Milk Lovers makan, itulah gambaran kondisi tubuh Milk Lovers. Dengan kata lain, jika ingin sehat, maka konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Khusus meningkatkan sistem kekebalan tubuh, konsumsi susu minimalnya 2 gelas per hari, konsumsi buah-buahan segar dan sayuran hijau merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Cuci Tangan

Oke, ini mungkin cara kuno. Tapi percaya atau tidak, cara kuno inilah yang justru akan menyelamatkan Milk Lovers dan keluarga dari serangan bibit penyakit yang menempel di tangan. Untuk itu, cucilah tangan dengan menggunakan sabun antiseptik, minimal sebelum dan setelah makan, atau setelah Milk Lovers beraktivitas di luar ruangan.

Kebersihan Rumah

Tidak hanya tangan saja yang harus dijaga kebersihannya, lingkungan Milk Lovers pun harus bersih, terutama lingkungan rumah. Buanglah barang-barang bekas yang bisa dijadikan sebagai sarang nyamuk, semut, kecoa dan lainnya. Jika dibutuhkan, sediakan juga pertisida untuk menangkal kedatangan serangga dan nyamuk.

Istirahat

Banyak penelitian yang sudah membuktikan jika kurang tidur akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh Milk Lovers terganggu. Karena itulah, cobalah untuk memperbaiki pola tidur Milk Lovers dengan tidur malam selama 7-8 jam sehari. Hindari kebiasaan begadang. Jika terpaksa, konsumsi minuman hangat seperti Susu Jahe atau wedang jahe untuk menjaga tubuh Milk Lovers tetap fit.

Dengan melakukan cara-cara di atas, minimal Milk Lovers sudah menjaga diri Milk Lovers dan keluarga dari serangan penyakit khas musim pancaroba, yakni flu dan batuk. Jika memang dibutuhkan, tidak ada salahnya Milk Lovers mendatangi dokter untuk meminta vaksinasi flu. Selamat mencoba!