Olahraga merupakan salah satu aktivitas positif yang wajib dilakukan setiap hari. Selain untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan mood, olahraga pun ampuh membakar kalori dalam jumlah banyak, sehingga baik untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Tapi hati-hati Milk Lovers, agar mampu memberikan hasil yang lebih maksimal, olahraga pun harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Boleh Makan Dulu

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang membutuhkan tenaga ektra tinggi. Untuk memenuhinya, Anda wajib menyiapkan bahan bakar berupa makanan dengan kandungan nutrisi tinggi, misalnya telur rebus, sepotong daging sapi, segelas susu dan lainnya.

Untuk mencegah timbulnya mual karena makanan yang belum tercerna secara sempurna, sebaiknya konsumsi makanan-makanan tersebut 2 jam sebelum berolahraga.

Pastikan Pemanasan Dulu

Banyak orang yang meremehkan pemanasan sebelum olahraga. Padahal, fungsi pemanasan ini sangat vital lho, salah satunya agar tubuh lebih siap menghadapi aktivitas fisik dengan intensitas tinggi, untuk mencegah cidera, dan berbagai manfaat lainnya.

Tidak lama kok, Anda hanya perlu melakukan pemanasan selama 10-15 menit dengan melakukan gerakan yang terfokus kepada peregangan.

Gunakan Pakaian Yang Tepat

Gunakan pakaian yang nyaman dan mampu menyerap keringat dengan maksimal. Ini penting karena kenyamanan selama berolahraga merupakan salah satu kunci olahraga yang lebih maksimal.

Selain itu, perhatikan sepatu yang Anda gunakan. Beberapa jenis olahraga punya sepatu khusus, misalnya untuk lari sebaiknya gunakan sepatu khusus lari. Biasanya, sepatu ini punya karakteristik tidak terlalu ketat, ringan dan bantalan sepatu yang mampu menopang pergerakan sendi pergelangan kaki.

Lakukan Pendinginan

Setelah berolahraga, pastikan Anda pun melakukan pendinginan. Fungsi pendinginan ini merupakan kebalikan dari pemanasan, yakni untuk menurunkan suhu tubuh, menurunkan detak jantung dan membiarkan otot kembali pada posisi semula.

Cara melakukan pendinginan ini cukup mudah. Misalnya setelah lari, jangan langsung duduk istirahat, tapi turunkan tempo lari dengan berjalan kaki selama 10 menit, kemudian lakukan gerakan pendinginan selama 5-10 menit. Dengan trik di atas, olahraga yang Anda lakukan akan memberikan dampak yang lebih baik.