Keluhan sakit pinggang tidak hanya dialami oleh ibu hamil di trimester akhir, kondisi ini bisa menyerang sejak awal kehamilan. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini, salah satunya disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa trik yang bisa coba Anda pratikkan, diantaranya adalah:

Olahraga Secara Teratur

Perubahan hormon bisa memicu stres dan mood swing. untuk mengatasi hal ini, banyak penelitian yang menyarankan Anda untuk rutin berolahraga. Kabar baiknya, olahraga pun terbukti ampuh mengatasi masalah sakit pinggang selama hamil muda.

Ada beberapa olahraga yang disarankan dilakukan selama trimester pertama, diantaranya yoga, jogging ringan, jalan cepat, berenang, dan senam kehamilan.

Konsumsi Banyak Air Putih 

Selama masa kehamilan tubuh akan memproduksi keringat lebih banyak. Kondisi inilah yang membuat Anda rentan mengalami dehidrasi, dan memicu munculnya sakit pinggang.

Untuk mengatasi masalah ini, konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup merupakan solusi terbaik yang harus dilakukan. Jangan lupa, maksimalkan juga asupan cairan dengan mengkonsumsi makanan tinggi air, terutama yang bersumber dari buah-buahan dan sayuran.

Ubah Posisi Duduk

Pastikan Anda duduk dalam posisi yang tepat, yakni duduk dengan posisi tegak untuk mengurangi beban di tulang punggung dan pinggang. Untuk melemaskan otot punggung dan pinggang, sebaiknya lakukan peregangan setiap 1-2 jam duduk, atau minimalnya ubah posisi duduk Anda.

Dengan cara sikap duduk yang baik, dan sering melakukan peregangan, dengan sendirinya otot punggung dan pinggang akan melemas, dan masalah sakit pinggang pun bisa diatasi dengan baik.

Hindari Sepatu High Heels

Ibu hamil sangat tidak disarankan menggunakan sepatu high heels. Selain rentan terjatuh (bisa fatal akibatnya), menggunakan high heels pun akan membuat beban tulang belakang dan pinggang jadi lebih tinggi, hingga akhirnya sakit pinggang pun sulit dihindari.

Demi keamanan, sebaiknya kenakan alas kaki dengan permukaan datar, dan bantalan yang empuk. Sesekali, lepaskan alas kaki dan berjalan di atas rumput basah (embun pagi) untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah stres. Selamat mencoba Milk Lovers!