American College of Obstetricians and Gynecologists, menyarankan ibu hamil rutin berolahraga, minimal 20-30 menit per hari. Terkait olahraga yang dipilih, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Tapi yang paling bijak, pastikan senam kehamilan masuk dalam daftar olahraga pilihan Milk Lovers.

Kenapa harus senam kehamilan? Berikut merupakan alasan kenapa senam kehamilan wajib dimasukkan dalam daftar olahraga yang akan dilakukan Milk Lovers selama masa kehamilan.

Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan

Penelitian dari American Pregnancy Association, menyebut jika ibu hamil dengan diabetes gestasional, dan rutin melakukan senam kehamilan minimalnya 3 kali dalam seminggu, efektif menurunkan risiko bayinya lahir dengan berat badan berlebih hingga 54%.

Selain itu, mereka pun berhasil menurunkan resiko melahirkan caesar hingga 34%, mampu menjaga berat badan tetap normal, dan mampu menurunkan risiko komplikasi kehamilan lainnya.

Membantu Mengurangi Stres dan Membangkitkan Suasana Hati

Sudah banyak penelitian yang membuktikan jika olahraga mampu mengatasi stres. Tentu saja ini berlaku untuk semua kondisi, baik saat Milk Lovers sedang hamil, ataupun dalam kondisi normal. Ini pun berlaku untuk semua jenis olahraga, termasuk senam kehamilan.

Hal ini disebabkan karena olahraga dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak, yang berhubungan langsung dengan suasana hati yang lebih bahagia dan bersemangat.

Membantu Menyediakan Energi

Alih-alih menghabiskan energi, justru olahraga secara teratur mampu membantu menyediakan cadangan energi bagi tubuh, sehingga Milk Lovers bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih maksimal, tanpa diganggu kelelahan.

Alasannya, berolahraga dapat meningkatkan kebugaran tubuh, melatih otot, dan menjaga mood tetap baik, sehingga Milk Lovers akan selalu siap dalam berbagai kondisi, meskipun sedang hamil.

Membantu Tubuh Mempersiapkan Kelahiran

Senam kehamilan terbukti dapat dapat membantu mempermudah proses persalinan, dan memperpendek waktu persalinan. Selain itu, senam hamil pun terbukti dapat membantu Milk Lovers lebih siap dengan persalinan karena tubuh sudah terbiasa dilatih dan mengeluarkan banyak energi.

Meskipun begitu, ada beberapa catatan penting yang harus diikuti sebelum melakukan senam kehamilan, salah satunya wajib menjalankan senam kehamilan  atas petunjuk dokter, jangan dilakukan secara berlebih, dan yang paling baik, selalu didampingi instruktur berpengalaman.