Tidak ada yang salah dengan kebiasaan tidur siang. Bahkan dengan durasi yang tepat, kebiasaan ini dapat meningkatkan konsentrasi, kemampuan motorik, hingga kewaspadaan Milk Lovers. Bahkan negara semaju Jepang pun mengizinkan para karyawan kantornya untuk mengambil jam tidur siang agar tenaga mereka bisa kembali pulih demi melanjutkan pekerjaan.

Namun, seperti yang sudah sering kita dengar, sesuatu yang berlebihan bukan hal yang baik. Begitu pula dengan kebiasaan tidur siang yang terlalu lama. Ternyata, hal tersebut dapat menjadi tanda dari penyakit serius dan kronis, yakni kencing manis atau diabetes melitus tingkat dua. Milk Lovers tentunya tidak mau menderita penyakit yang menjadi salah satu pemicu kematian terbesar di Indonesia tersebut, bukan?

Para pakar menyatakan bahwa penderita diabetes melitus tipe dua yang belum melakukan pemeriksaan cenderung mengeluhkan kelelahan di siang hari. Kala itu, tidur siang memang belum bisa dikaitkan secara langsung dengan kencing manis. Lantas, sebuah penelitian skala besar yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Tokyo ternyata berhasil menemukan kaitan antara tidur siang dengan risiko diabetes tipe dua. Dari riset tersebut, ditemukan hasil bahwa tidur siang selama lebih dari satu jam atau 60 menit bisa meningkatkan peluang diabetes sampai 45%!

Di sisi lain, tidur siang yang terlalu lama juga bisa menjadi tanda dari gangguan lainnya. Milk Lovers yang kurang tidur di malam hari pun berisiko tidur siang dalam durasi yang cukup lama. Pemicu gangguan tadi umumnya berasal dari sleep apnea atau henti napas saat sedang tidur. Milk Lovers jangan memandang rendah sleep anea. Sebab, gangguan tersebut ternyata dapat memicu berbagai penyakit kronis. Bukan hanya diabetes, serangan jantung hingga stroke pun siap mengintai kesehatan Milk Lovers.

Kurang tidur semakin sering dialami sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang sehari-hari bekerja sampai malam atau bahkan lembur. Padatnya aktivitas yang melelahkan dan tidak dibarengi olahraga juga akan mengganggu sistem metabolisme tubuh Milk Lovers. Nafsu makan akan berantakan dan mengantarkan Milk Lovers pada diabetes melitus tipe dua.

Kendati bukan indikasi pasti, mereka yang menderita diabetes dan belum menyadarinya, cenderung akan tidur siang lebih lama dibandingkan orang lain. Jika Milk Lovers mengalami hal ini, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter tepercaya. Sehingga Milk Lovers dapat menekan risiko diabetes melitus tadi.