Pernahkah Milk Lovers diminta membatasi atau malah berhenti minum kopi demi menjaga kesehatan? Sejumlah penelitian memang menyatakan bahwa konsumsi kopi berlebih dapat membuat Milk Lovers sulit tidur hingga mengganggu kinerja jantung. Di sisi lain, ada pula penelitian yang mengungkapkan kopi dapat memberikan benefit bagi kesehatan. Dengan satu catatan: jangan tambahkan gula ke dalam kopi yang Milk Lovers seduh.

Segudang manfaat kopi tanpa gula

Kopi sebagai salah satu produk alam sebenarnya sudah memberikan khasiat bagi kesehatan tanpa harus ditambahkan gula. Ketika Milk Lovers memasukkan pemanis, minuman tersebut akan mengalami pergeseran kandungan nutrisi. Apalagi kalau pemanis yang Milk Lovers gunakan terbikin dari bahan-bahan yang membahayakan tubuh atau jumlahnya berlebihan.

Berdasarkan Asosiasi Jantung Amerika, asupan gula tambahan harian yang aman adalah 36 gram (setara dengan 9 sendok teh atau 150 kalori) untuk pria dan 25 gram (setara dengan 6 sendok teh atau 100 kalori) untuk perempuan. Konsumsi di atas anjuran tersebut akan meningkatkan peluang atau risiko penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

Kopi tanpa gula atau kopi hitam sebenarnya bukan sesuatu yang asing untuk masyarakat Indonesia. Minuman tersebut kaya akan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan nutrisi esensial seperti potasium, kromium, vitamin E, niacin, hingga magnesium. Dengan kandungan-kandungan ini, kopi tanpa gula menawarkan macam-macam manfaat untuk Milk Lovers seperti:

  • Membantu pembakaran lemak. Sebuah penelitian menyatakan metabolisme tubuh akan meningkat 3-11% setelah Milk Lovers minum kopi hitam. Namun, dampak ini akan berkurang dalam jangka waktu panjang karena metabolisme beradaptasi dengan kebiasaan konsumsi minum kopi tanpa gula;
  • Menurunkan peluang diabetes. Ketika Milk Lovers menyingkirkan gula dari racikan kopi, secara tak langsung Milk Lovers juga menurunkan peluang terkena diabetes. Persentasenya pun cukup tinggi, yakni 23-50% bahkan 67% menurut sebuah studi;
  • Mencegah terserang penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit neurogeneratif yang kerap menyerang lansia berusia 65 tahun. Sampai sekarang, belum ada obat yang mampu menanganinya. Namun, sebuah studi menyatakan penggemar kopi hitam mempunyai risiko 65% lebih rendah untuk mengalami penyakit ini selama diiringi gaya hidup sehat;
  • Meningkatkan kesehatan organ hati. Penyakit hati seperti pembengkakan hati dan hepatitis berisiko menyebabkan sirosis apabila tak segera ditangani. Akan tetapi, peluangnya dapat Milk Lovers tekan dengan mengonsumsi kopi tanpa gula. Studi menyebutkan orang-orang yang rutin minum kopi hitam memiliki risiko lebih rendah terkena sirosis sampai 65%.

Di sisi lain, Milk Lovers juga tak boleh minum kopi hitam berlebihan. Dua cangkir kopi per hari saja sudah cukup untuk menjauhkan tubuh dari macam-macam penyakit. Kopi tubruk atau yang digiling sendiri adalah jenis yang direkomendasikan.

Namun jika memang Milk Lovers tidak tahan dengan rasa pahit dari kopi, Milk Lovers bisa menambahkan gula yang dicampur oleh susu secukupnya.