Mungkin ada dari Milk Lovers yang pernah merasakan nyeri dada sesaat setelah bangun tidur. Dilansir dari laman health.kompas.com, jika dada sakit dan sesak saat bangun tidur yang berlangsung cepat dan hanya sekali, mungkin rasa nyeri pada dada tersebut bukan masalah kesehatan serius.

Tetapi jika bangun tidur dada terasa sakit dan sesak dalam durasi yang lama dan tanpa sebab jelas, sebaiknya Milk Lovers perlu lebih waspada karena mungkin saja rasa nyeri dada itu adalah tanda penyakit jantung, paru-paru, atau pencernaan.

Berikut adalah beberapa penyebab dada terasa sakit dan sesak saat bangun tidur.

  1. Angina

Dilansir dari Medical News Today, sakit di dada bagian tengah atau kiri mungkin adalah tanda penyakit jantung, salah satunya angina. Angina atau lebih dikenal dengan angin duduk merupakan sakit dada karena penyakit jantung koroner. Nyeri atau sakit dada mungkin disebabkan jantung tidak bisa menerima cukup pasokan darah yang mengandung oksigen.

  1. Peradangan jantung

Radang merupakan respons alami sistem daya tahan tubuh ketika menghadapi penyakit, cedera, atau infeksi. Jenis peradangan jantung adalah peradangan membran jantung (perikarditis), peradangan otot jantung (miokarditis), dan peradangan pelapis bilik dan katup jantung (endokarditis).

Tanda peradangan jantung tidak hanya sakit dada dan sesak tapi juga detak jantung abnormal, demam, kedinginan, batuk berdarah, nyeri otot, dan kaki atau tungkai bengkak.

  1. Serangan jantung

Serangan jantung terjadi saat otot jantung tidak menerima darah yang mengandung oksigen karena arteri koroner tersumbat atau bisa juga pecah. Gejala serangan jantung adalah sakit dada yang kadang meluas sampai ke leher, lengan, punggung, bahu, atau perut bagian atas.

Selain sakit dada, tanda serangan jantung lain yang perlu diwaspadai adalah sesak napas, keluar keringat dingin, kelelahan, mual, dan pusing.

  1. Infeksi saluran pernapasan

Nyeri dada yang berhubungan dengan pernapasan bisa mempengaruhi kedua sisi dada dan diafragma. Infeksi virus dan bakteri bisa memicu peradangan di saluran dan kantung udara paru-paru. Selain sakit dada, infeksi paru-paru dan dada juga bisa menyebabkan gejala sesak napas, susah bernapas, batuk berdahak atau berdarah, demam, meriang, dan kelelahan.

Itulah beberapa penyebab dada terasa sakit dan sesak saat bangun tidur. Jika dada terasa sakit dalam jangka waktu yang lama, segeralah berkonsultasi dengan ahli medis di fasilitas medis terdekat.