Milk Lovers, osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap enteng. Memang benar, kebanyakan kasus osteoporosis akan mulai terasa di usia tua, tapi Milk Lovers harus tahu jika proses pengeroposan tulang sebenarnya sudah dimulai terjadi sejak usia muda.

Maka dari itu, mengonsumsi susu minimalnya 2 gelas per hari, sangat dibutuhkan bukan hanya untuk menjaga tubuh tetap fit, tapi sebagai salah satu upaya untuk mencegah pengeroposan tulang, terutama di usia muda, dimana kesempatan tulang untuk berkembang masih sangat besar.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Gizi dan Makanan Kementerian Kesehatan, dan diterbitkan dalam data risiko osteoporosis yang dipublikasikan tahun 2006, menyatakan jika dua dari lima orang Indonesia berisiko terkena osteoporosis karena kekurangan kalsium.

Menurut Dr Azimal MKes,angka ini terbilang lebih tinggi ketimbang prevalensi dunia, dimana risiko osteoporosis hanya terjadi 1 dari 3 orang berisiko osteoporosis. Untuk mengatasi masalah ini, Dr Azimal menyatakan jika gerakan sadar konsumsi susu perlu ditekankan sejak dini.

Perhatikan posisi duduk

Selain membahas tentang pentingnya susu, Dr Azimal pun mengatakan jika osteoporosis sebenarnya bisa diantisipasi dengan menjaga posisi tubuh. Pasalnya, posisi tubuh yang baik, akan membuat tulang tumbuh sempurna, menjaganya tetap kokoh dan kepadatannya terjaga hingga tua nanti.

Senada dengan Dr Azimal,  Dr Tanya TM Rotikan SpKO, selaku Wakil Ketua II Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi), menyatakan jika postur dan keseimbangan tubuh yang baik, berpengaruh besar kepada tubuh lebih sempurna, sekaligus menurunkan risiko osteoporosis.

Dengan kata lain, kalau seseorang memiliki sikap tubuh yang tidak baik, bukan mustahil dia memiliki struktur tulang yang tidak normal, sehingga berisiko mendatangkan berbagai masalah, seperti ketidak seimbangan otot, kelainan neurologis, dan tentu saja risiko osteoporosis yang semakin besar.

Lantas, bagaimana sikap tubuh yang baik ketika duduk?

Lebih lanjut lagi, Dr Tanya menyatakan jika posisi duduk dan berdiri sebenarnya harus sama, yakni harus tegak. Hal ini dimaksudkan agar beban yang diderita tulang belakang bisa lebih ringan. Selain itu, posisi ini pun efektif untuk memberi kesempatan kepada tulang agar membentuk posisi yang tepat, sehingga masalah tulang bisa dihindari.

Nah bagaimana dengan  Milk Lovers, sudahkah membiasakan duduk dalam posisi tegak?