Siapa bilang osteoporosis cuma dialami oleh mereka yang lanjut usia aja? Mereka yang masih muda juga bisa osteoporosis walaupun memang kasusnya terbilang jarang. Lalu, apa saja penyebab penyebab osteoporosis di usia muda?

 

  1. Amenorea, kondisi ketika seorang wanita tidak mengalami menstruasi dalam waktu lama.
  2. Penyakit hormonal atau penyakit yang disebabkan karena faktor hormonal. Seperti hipertiroidisme, hiperparatiroidisme, gangguan pada kelenjar adrenal, dan penyakit hormonal lainnya.
  3. Efek samping konsumsi obat, contohnya konsumsi obat kortikosteroid dosis tinggi dalam waktu yang lama. Obat jenis ini jika dikonsumsi dalam waktu lama diketahui bisa berpengaruh pada kekuatan tulang.
  4. Asupan kalsium rendah. Kalsium merupakan mineral penting yang berperan penting dalam proses pembentukan dan menjaga kekuatan tulang. Kurangnya asupan kalsium bisa meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis di usia muda.  Salah satu penyebab kurangnya asupan kalsium adalah jarang konsumsi makanan berserat (terutama buah dan sayuran) dan tidak suka minum susu.

 

Setelah mengetahui bahwa salah satu penyebab osteoporosis di usia muda adalah asupan kalsium yang rendah, yuk mulai dari sekarang untuk memastikan kecukupan asupan kalsium di menu yang kita konsumsi sehari-hari. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan berserat, seperti buah dan sayur, dan jangan lupa untuk melengkapinya dengan minum susu.

 

Dilansir dari sebuah artikel di laman Halodoc yang ditinjau oleh dr. Rizal Fadli, sebagian besar penelitian yang dilakukan terkait hubungan konsumsi susu dengan penurunan risiko osteoporosis benar adanya. Disebutkan jika kandungan kalsium yang terkandung pada susu yang mencukupi kebutuhan harian tubuh sangat penting untuk pencegahan pengeroposan tulang tersebut. Tidak salah jika susu menjadi pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan kalsium agar tulang tetap padat.

 

Jadi, agar kesehatan tulang terjaga dan terhindar dari resiko osteoporosis di usia muda, Yuk Milk Lovers kita rutin minum susu tiap hari!