Lulus dari dunia perkuliahan pasti menjadi satu hal yang dinantikan oleh semua mahasiswa. Kesempatan mencari kerja yang diimpikan sebentar lagi akan terwujud. Tapi, semua menjadi sulit saat pandemi virus corona melanda di negara kita. Seluruh warga dianjurkan untuk tetap di rumah dan social-distancing. Para pegawai dan pelajar hanya beraktivitas dari rumah saja, dan tidak dianjurkan untuk keluar rumah. Tidak cukup sampai di situ, beberapa perusahaan pun akhirnya menutup lowongan kerja karena terjadinya pandemi ini. 

Akan lebih sulit memang untuk mencari pekerjaan di tengah pandemi virus corona, tapi bukan berarti tidak bisa diusahakan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Milk Lovers coba untuk bisa mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi COVID-19.

 

  1. Manfaatkan fasilitas universitas dari rumah

Beberapa kampus punya laman situs yang di dalamnya terdapat lowongan pekerjaan di dalamnya. Coba kunjungi situs itu untuk mencari tahu jika ada lowongan kerja yang sesuai dengan yang Milk Lovers cari. 

Tidak hanya situs kampus, Milk Lovers juga tetap bisa mencari peluang karir dengan mengunjungi situs yang berisi lowongan pekerjaan, seperti LinkedIn atau  situs lowongan kerja lainnya.

Jangan putus asa karena sebenarnya beberapa perusahaan  masih mencari kandidat terbaik untuk mengisi posisi yang kosong, walaupun memang kegiatan perkantoran masih dijalankan secara remote. 

 

  1. Tetap perluas koneksi

Akibat pandemi virus corona, beberapa acara seperti pekan karier atau sejenisnya mungkin saja tetap berlangsung tapi secara online. Nah, carilah informasi sebanyak-banyaknya acara-cara seperti ini yang akan memperluas koneksi Milk Lovers. 

Kalau memang sebelumnya Milk Lovers pernah menjalin kerjasama atau hubungan profesional dengan sejumlah perusahaan atau orang penting, coba hubungi mereka lagi sehingga networking tetap terjaga. Networking bisa membantu Milk Lovers ke tahap wawancara kerja, yang saat ini juga bisa dilakukan secara online.

 

  1. Mulai berlatih virtual interview

Virtual interview memang bukan hal yang baru, sebelum pandemi virus corona juga interview yang memanfaatkan jaringan internet ini sudah banyak dilakukan. Tapi buat Milk Lovers yang belum pernah sekalipun menjalaninya ada baiknya berlatih terlebih dahulu.

Sangat penting untuk menganggap virtual interview sama seperti wawancara pekerjaan pada umumnya, sehingga jangan lupa persiapkan pakaian yang pantas saat melakukan interview. Sikap saat menjawab pertanyaan pun harus diperhatikan dan jangan disamakan dengan video call yang biasa Milk Lovers lakukan dengan teman atau keluarga. 

Terakhir, jangan lupa persiapkan pertanyaan dan lakukan riset untuk tahu lebih dalam mengenai perusahaan dan pekerjaan yang Milk Lovers lamar. 

 

  1. Tetap aktif di grup kampus

Grup kampus bisa memberikan informasi mengenai pekerjaan freelance atau volunteer, kelas online yang bisa melatih kemampuan sesuai dengan pekerjaan incaran, dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan seperti ini berguna karena bisa melatih kemampuan Milk Lovers dalam menjalani pekerjaan secara virtual. Jadi, yuk lebih aktif di grup kampusmu!

 

Semoga tips ini bermanfaat!