Saat ini di beberapa daerah protokol tatanan New Normal di tengah pandemi Corona mulai dijalankan. Tidak hanya kesehatan fisik yang harus tetap diperhatikan selama fase New Normal, tapi juga kesehatan mental. Dilansir dari laman situs detikHealth, psikiater dari RS Siloam Bogor, dr Lahargo Kembaren, SpKJ, membagikan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghadapi fase New Normal di tengah pandemi Corona agar kesehatan fisik maupun mental tetap terjaga.

Menurut dr Lahargo, ada beberapa langkah awal yang bisa kita lakukan saat menghadapi fase new normal dan berikut adalah langkah-langkah tersebut.

  1. Pikirkan kebiasaan baru yang akan dilakukan.
  2. Lalu lakukan kebiasaan tersebut sebagai rutinitas baru, seperti mulai dari selalu memakai masker selama berkegiatan di luar rumah, rutin cuci tangan dan menjaga jarak saat di kantor, stasiun, terminal dan fasilitas publik lain.
  3. Lakukan kebiasaan tersebut secara konsisten.
  4. Ajak orang lain atau lingkungan terdekat untuk ikut menjalani New Normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
  5. Jangan putus asa jika menemukan kendala atau hambatan.
  6. Terakhir, beri apresiasi pada diri sendiri karena sudah mampu beradaptasi dengan fase New Normal.

dr Lahargo menambahkan, wajar kalau penerapan kebiasaan baru mungkin tidak semulus yang dibayangkan. Sudah pasti akan muncul tantangan serta hambatan ketika memulai fase New Normal. Jadi, Milk Lovers harus berusaha meyakinkan diri untuk bisa menjalani dan beradaptasi di fase ini agar tetap sehat, baik itu secara fisik maupun mental. Semoga informasinya bermanfaat.