Salah satu hal yang paling menyenangkan selama masa kehamilan adalah, pengalaman saat janin dalam kandungan ikut berinteraksi langsung dengan kita. Mereka terasa menendang-nendang, berpindah-pindah tempat dengan sangat cepat dan lainnya.

Menurut Dr. Freddy Dinata, SpOG., dokter ahli kandungan dan kebidanan dari RSIA Ummi Bogor, saat janin dalam kandungan menyapa, sebaiknya jangan diabaikan. Segera balas sapaan mereka dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Tekan atau ketuk perut Milk Lovers dengan kekuatan secukupnya. Tunggu respons janin, jika dia memberikan jawaban, Anda bisa melanjutkan komunikasi ini.
  2. Jika tidak merespons, Anda bisa mengulangi teknik ini beberapa kali hingga mendapatkan respon berupa tendangan atau gerakan berpindah tempat.
  3. Jangan sakit hati jika janin dalam kandungan tidak merespons. Mungkin saja dia sedang tidur, atau mungkin saja dia sedang asyik bermain sendiri.

Selain dengan tekanan dan ketukan, Milk Lovers bisa mengirimkan pesan kasih sayang dengan cara mengusap-usap perut, dan mengajaknya bicara.

Apakah Janin Dalam Kandungan Bisa Mendengar?

Menurut penelitian yang dilakukan University of Maryland Medical Center, menjelaskan jika bayi dalam kandungan sudah bisa mendengar suara dari lingkungan luar sejak usia kehamilan 19-21 minggu, dan makin meningkat saat usia kehamilan 26 minggu.

Tentu saja ini sangat bermanfaat, dalam keterangannya tim peneliti menyebut jika kebiasaan ngobrol dengan janin sambil mengusap-usap perut, akan membuat pertumbuhan kognitifnya meningkat, dan lebih cepat menguasai kemampuan bicara saat dilahirkan nanti.

Senada dengan itu, penelitian yang dilakukan National Association for Music Education, menyebut jika bayi yang diperdengarkan musik-musik lembut sejak dalam kandungan, cenderung memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik setelah dilahirkan nanti.

Selain itu, kebiasaan ini pun efektif untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan kasar bayi, dan membuat mereka memiliki jiwa seni yang lebih baik.

Makanya Milk Lovers, saat janin dalam kandungan menyapa Anda, jangan diabaikan. Balas sapaan mereka dengan cara mengusap atau menekan sedikit di tempat janin tadi bergerak. Dengan begitu, tumbuh kembangnya akan lebih optimal sejak masih dalam kandungan.