Banyak Ibu hamil yang mengonsumsi suplemen minyak ikan dengan alasan dapat membuat bayi yang dilahirkan lebih pintar, terlebih banyak tenaga medis yang menyarankan hall ini. Yang jadi pertanyaan, apakah benar konsumsi minyak ikan bisa membuat Ibu melahirkan bayi yang cerdas?

Dilansir dalam parenting.co.id, sebuah penelitian terbaru di Australia justru menyebut jika Ibu hamil nggak perlu mengonsumsi suplemen minyak ikan di awal kehamilan, terlebih jika harapannya ingin melahirkan anak yang cerdas.

Klaim ini disebutkan setelah para ilmuwan dari South Australian Health and Medical Research Institute, Adelaide, melakukan penelitian dengan membandingkan Ibu hamil yang mengonsumsi 800mg suplemen minyak ikan, dengan Ibu hamil yang diberi suplemen plasebo atau obat kosong.

Hasilnya, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association ini tidak menemukan perkembangan kognitif, bahasa dan motor pada anak-anak yang dilahirkan dari ibu yang mengonsumsi minyak ikan saat usia mereka mencapai 18 bulan.

Tidak hanya itu, para peneliti pun tidak menemukan adanya perkembangan intelegensi dan bahasa saat anak-anak tersebut berusia 4 tahun s/d 7 tahun.

Mengenai hal ini, Dr. Jacqueline Gould, penulis penelitian, menyebut jika minyak ikan tidak memiliki efek apapun pada anak jika dikonsumsi Ibu hamil. Sementara beberapa penelitian yang menyebut minyak ikan baik untuk kecerdasan otak janin, sampai sekarang masih diragukan.

Dengan adanya penelitian ini, Gould menyarankan sebaiknya Anda fokus untuk mencari makanan dengan nutrisi seimbang, terutama kalsium, protein, zat besi, vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Jika ingin melahirkan anak yang cerdas, sebaiknya stimulasi kemampuan Si Kecil sejak dini dengan cara memberikan sentuhan dan ajak janin bicara. Selain itu, jauhi stres dan pastikan Anda rutin berolahraga untuk menjamin kehamilan yang sehat.

Setelah dilahirkan, strimulasi ini harus terud dilakukan dan terapkan gaya hidup sehat untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Jangan lupa, pilih pendidikan yang tepat agar perkembangan otak mereka semakin meningkat. Selamat mencoba Milk Lovers!