Belum lama ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun. Dari uji klinis yang sudah dilakukan, vaksin Sinovac terbukti bermanfaat dan aman bagi anak berusia 6-11 tahun. Lalu, apa manfaat dan mengapa Si Kecil juga harus divaksin Covid-19?

 

Selain bisa melindungi Si Kecil dari virus Covid-19, mantan Ketua IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) Prof. Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A, ada 3 alasan penting yang membuat anak harus mendapatkan vaksinasi Covid-19.

 

  1. Pembelajaran tatap muka sudah dijalankan

 

Alasan pertama anak-anak usia 6-11 tahun perlu divaksin adalah karena kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah saat ini sudah mulai dilakukan dan rencananya akan terus dibuka. Para orangtua tentu akan merasa lebih tenang anak-anaknya menjalani pembelajaran tatap muka di sekolah jika semua anak sudah mendapatkan vaksin.

 

  1. Banyak keluarga berinteraksi dengan anak

 

Menurut dr. Aman, sebanyak 66 persen keluarga di Indonesia berinteraksi erat dengan anak dan lansia. dr. Aman menjelaskan, jadi kalau misalnya cucu saya tertular di sekolah, kita yang opung-opung juga bisa tertular. Sebab itu, tidak hanya lansia saja yang kita lindungi, anak juga harus dilindungi.

 

  1. Perbaikan ekonomi

 

  1. Aman mengungkapkan, manfaat lain vaksinasi anak perlu dilakukan adalah dalam rangka mempercepat perbaikan ekonomi. Saat ini walaupun anak-anak sudah boleh ke pusat-pusat ekonomi, seperti pusat perbelanjaan, karena belum divaksin, tidak sedikit orangtua yang belum mengizinkan anak-anaknya untuk pergi ke sana. ​Imbasnya, mal-mal menjadi belum terlalu ramai sehingga ekonomi belum pulih sepenuhnya seperti sebelum adanya pandemi. Jika anak-anak sudah divaksin semua tentu pusat-pusat ekonomi akan lebih bergairah dan perbaikan ekonomi bisa terwujud.

 

Setelah menyimak penjelasan di atas, mari kita dukung program vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang akan segera dilaksanakan oleh pemerintah. Jangan lupa juga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan walaupun sudah divaksin ya Milk Lovers, agar pandemi ini bisa segera kita akhiri!