Organ-organ vital yang terdapat di dalam tubuh Milk Lovers mempunyai peranan penting untuk menjaga kesehatan, tak terkecuali hati. Organ ini mempunyai peran-peran krusial seperti menyaring racun serta zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Jika tidak dijaga dengan baik, maka racun dan zat-zat berbahaya tadi akan leluasa merusak organ-organ tubuh lainnya dan secara tidak langsung mengganggu kesehatan tubuh Milk Lovers.

Nah, sebelum hal itu terjadi, Milk Lovers dapat memproteksi hati dengan mengonsumsi lima makanan di bawah ini.

Bawang Putih

Meski baunya cukup sengit dan tidak enak kalau dikonsumsi langsung, bawang putih menyimpan banyak khasiat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mengonsumsi bawang putih secara rutin bisa mengaktifkan enzim yang bertugas untuk membilas racun di dalam tubuh. Bawang putih juga kaya akan alisin, sebuah senyawa alami, dan selenium yang mampu membasmi racun. Alisin pun bersifat antibiotik, antioksidan, antijamur, sedangkan selenium mampu meningkatkan kinerja antioksidan.

Kopi

Ada kabar baik buat Milk Lovers yang gemar minum kopi. Ternyata, meminum kopi dalam takaran yang tepat bisa memberikan efek positif untuk tubuh, salah satunya melindungi hati. Sebuah penelitian telah menemukan hasil bahwa dua cangkir kopi sehari sanggup menurunkan risiko penyakit hati sampai 44%. Meski terbilang ampuh, tetapi kopi kurang efektif dalam menurunkan risiko penyakit hati yang dipicu oleh konsumsi alkohol secara berlebihan.

Alpukat

Buah berdaging lembut ini memiliki kandungan lemak sehat yang mampu memberikan dampak positif bagi tubuh. Sebuah riset menunjukkan hasil bahwa alpukat sanggup melindungi fungsi hati. Senyawa antioksidan bernama glutathione yang terdapat di dalam buah tersebut memiliki kemampuan untuk menyaring zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Glutathione juga memproteksi sel-sel hati dari risiko kerusakan.

Kunyit

Seperti halnya bawang putih, kunyit adalah salah satu dari sekian bumbu dapur yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan Milk Lovers. Kunyit yang kerap ditemui dalam ramuan obat-obat herbal ternyata sanggup mengurangi jumlah kerusakan yang disebabkan radikal bebas atau kerusakan akibat molekul yang tidak stabil. Mengonsumsi kunyit secara rutin membantu tubuh Milk Lovers dalam mencerna lemak, menghasilkan empedu, dan berperan sebagai pembersih racun alami bagi hati.

Jeruk Bali

Jeruk bali yang terkenal akan ukuran besar ternyata mempunyai manfaat yang tak kalah besar pula. Kandungan antiokasidan dan vitamin C di dalamnya mampu mengusir racun dan melindungi sel-sel hati dari risiko kerusakan. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 menemukan fakta bahwa ekstrak dari jeruk bali yang bernama naringenin mampu mengaktifkan bahan kimia untuk mengoksidasi asam lemak. Proses tadi dipercaya dapat mencegah penyakit hati yang berlemak.