Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga beresiko mengalami masalah kesehatan selama pandemi yang sampai sekarang belum juga berakhir. Berikut adalah 3 masalah kesehatan anak saat pandemi yang harus diwaspadai.

 

  1. Defisiensi vitamin D3

 

Defisiensi Vitamin D3 pada anak-anak bisa terjadi karena terbatasnya mobilitas atau kebijakan di rumah saja demi mencegah penularan covid-19. Karena kebijakan tersebut, anak-anak tak bisa keluar rumah dan akhirnya mereka kurang mendapatkan paparan sinar matahari.  Hal ini harus segera diatasi karena defisiensi vitamin D3 merupakan salah satu penyebab imunitas turun, sehingga anak mudah terpapar virus berbahaya.

 

  1. Kelebihan berat badan

 

Tak bisa keluar rumah bisa membuat anak seharian penuh hanya memegang gadget untuk kebutuhan sekolah dan akhirnya membuat mereka kurang bergerak. Kurang aktif bergerak membuat mereka berisiko mengalami masalah kesehatan, seperti kelebihan berat badan.

 

  1. Kurang nutrisi

 

Hanya beraktivitas di rumah saja akan membuat anak-anak menjadi cepat bosan. Nah, salah satu cara untuk mengatasi rasa bosan mereka adalah dengan lebih sering mengonsumsi cemilan yang mereka sukai. Tapi sayangnya, kebanyakan anak-anak menyukai cemilan yang minim protein, vitamin dan mineral, sehingga nutrisi mereka tidak terpenuhi.

 

Untuk mencegah 3 masalah kesehatan anak saat pandemi di atas, para orangtua disarankan untuk lebih memperhatikan sang buah hatinya. Ajaklah anak-anak untuk rutin bergerak dengan berolahraga di halaman rumah agar ia terkena sinar matahari pagi. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan asupan yang kaya nutrisi, seperti susu, sayur-sayuran dan lauk kaya nutrisi lainnya agar nutrisi sang buah hati terpenuhi.

 

Semoga informasi ini bermanfaat!